obatjantungbocoranak.com,- Anak-anak yang malas untuk aktif bergerak dan lebih memilih untuk menonton TV atau memainkan gadget daripada main di luar rumah lebih berisiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Eastern Finland yang bekerjasama dengan University of Cambridge.

Menurut peneliti, tanda-tanda risiko penyakit jantung bisa dilihat sedini mungkin pada anak-anak. Sebab, anak-anak yang malas berolahraga atau kurang aktivitas memiliki pembuluh darah yang lebih kaku atau keras dibandingkan dengan anak yang aktif bergerak.

Para ahli meneliti hubungan antara aktivitas fisik dan kerusakan pembuluh darah pada 136 anak-anak berusia 6-8 tahun. Hasilnya, anak-anak yang hanya memiliki aktivitas fisik sedang sampai berat kurang dari 68 menit perhari memiliki pembuluh darah yang lebih keras.

Pembuluh darah yang keras bisa membuat aliran darah tidak lancar dan berisiko terjadi penyumbatan di kemudian hari. AKibatnya, terjadi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, seperti risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Selain itu, malas bergerak juga akan meningkatkan risiko obesitas hingga penyakit diabetes tipe 11 pada anak. Pada akhirnya, masalah tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Peneliti menyarankan agar olahraga menjadi aktivitas fisik yang harus dilakukan secara rutin di sekolah. Pasalnya, jika hanya melakukan aktivitas fisik ringan, anak tidak akan mendapatkan manfaat dari pembuluh darah yang lebih sehat.

Menurut ketua peneliti dari University of Eastern Finland, Dr Eero Haapala, temuan ini menekankan pada pentingnya aktivitas fisik dalam menjaga fungsi arteri tetap normal di masa kecil. Peneliti juga menyebutkan jika anak-anak harus lebih banyak bermain secara aktif. Ketika berada di dalam rumah, kurangi kebiasaan menonton televisi atau main gadget pada anak.

Artikel Terkait :

Obat Jantung Bocor Anak
Obat Infeksi Jantung Anak
Obat Alami Pembengkakan Jantung Anak