Anda Mengidap Jantung? Beraktivitaslah Setelah 20 Menit Duduk,- obatjantungbocoranak.com – Untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperpanjang angka harapan hidup penderita jantung, sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik. Namun, aktivitas fisik yang dilakukan tentunya bukan termasuk yang berat.

Penderita jantung bisa melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berdiri atau berjalan santai. Aktivitas fisik ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin, terutama bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Beraktivitas setelah 20 menit duduk bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi yang dipersentasikan pada Kongres Kardiobaskulas Kanada (CCC) 2018 di Toronto beberapa waktu lalu, menunjukkan bahwa bergerak bisa menangkal risiko berkurangnya angka harapan hidup, terutama jika bisa membakar lebih dari 770 kkal per hari.

Ailar Ramadi dari Universitas Alberta, Edmonton, Kanada, menyebutkan jika studi tersebut menunjukkan bahwa pasien penyakit jantung harus menghentikan waktu tidak aktif setiap 20 menit dengan aktivitas fisik ringan selama 7 menit.

Aktivitas sederhana seperti berdiri dan berjalan dengan langkah biasa akan menghilangkan lebih dari 770 kkal dalam sehari.

Baca juga : Turunkan Risiko Penyakit Jantung dengan Aktivitas Berikut

Untuk keperluan studi ini, para peneliti melibatkan 132 orang yang mengidap penyakit arteri koroner. Merka rata-rata berusia 63 tahun dan sekitar 77% diantaranya adalah laki-laki.

Selama masa studi, para partisipan menggunakan alat pemantau aktivitas di lengan selama rata-rata 22 jam sehari selama 5 hari. Alat ini berfungsi untuk mencatat jumlah energi yang dikeluarkan selama istirahat (dari gaya hidup tidak aktif), jumlah waktu tidak aktif dan jumlah serta durasi istirahat selama setiap jam perilaku tak aktif.

Ramadi menyebutkan jika studi tersebut menujukkan setiap jam waktu duduk, penderita penyakit jantung harus menambahkan hingga 21 menit aktivitas fisik ringan. Ini akan mengurangi sekitar 770 kkal sehari, jumlah yang terkait dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Jadi, penderita penyakit jantung disarankan untuk selalu melakukan aktivitas fisik ringan, terutama setelah duduk selama 20 menit. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara efektif. Selain itu, jangan lupa untuk mengatur pola makan sehat untuk membantu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan jantung. Semoga bermanfaat.