Awas! 5 Tanda Aneh Ini Bisa Jadi Indikasi Adanya Masalah Jantung,- obatjantungbocoranak.com – Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran yang penting dalam kehidupan makhluk hidup. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatannya. Walaupun begitu, jantung juga bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Berdasarkan penelitian terbaru, 1 dari 4 orang meninggal dunia karena penyakit jantung. Kematian akibat penyakit jantung bisa terjadi secara mendadak karena gejalanya terkadang sulit dideteksi.

Tanda Masalah Jantung

Walaupun begitu, ternyata ada beberapa tanda aneh yang bisa jadi indikasi adanya masalah jantung yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Kuku pada jari tangan

Sebuah fenomena yang dikenal sebagai digital clubbing bisa menjadi pertanda adanya masalah pada jantung. Kuku jari tangan akan berubah bentuk menjadi lebih tebal dan lebar. Walaupun begitu, kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa terjadi pada kedua jari tangan. Hal ini disebabkan karena lebih banyak jaringan yang diproduksi.

Alasan perubahan ini menunjukkan adanya masalah pada jantung yang disebabkan karena darah mengandung oksigen tapi tidak mencapai jari dengan benar, sehingga menghasilkan sesuatu yang mendorong pertumbuhan pada kuku jari tangan.

  • Bibir biru

Indikator kesehatan lainnya yang menandakan adanya masalah pada jantung yaitu warna pada bibir. Biasanya bibir berwarna merah, namun pada mereka yang memiliki masalah jantung bisa berubah lmenjadi kebiru-biruan. Hal ini disebabkan karena kegagalan sistem kardiovaskular untuk mengantarkan darah yang mengandung oksigen ke jaringan.

Namun, banyak juga seseorang yang memiliki bibir berwarna biru dikarenakan kondisi yang sangat dingin. Dalam hal tersebut, bibir mungkin disebabkan karena kekurangan oksigen sementara dan akan kembali seperti semula.

  • Gumpalan lemak

Indikator eksternal lainnya dari masalah jantung yaitu adanya gumpalan lemak yang dikenal sebagai xanthomas. Bioasanya gumpalan lemak ini akan timbul di siku, lutut, atau kelopak mata. Meskipun tidak berbahaya, namun kondisi ini menjadi pertanda adanya masalah pada jantung.

Xanthoma paling sering terlihat pada seseorang dengan penyakit genetik atau yang disebut dengan familial hypercholesterolemia. Seseorang yang memiliki kondisi kadar kolesterol tinggi sehingga berdeposit di kulit dan terletak di arteri yang memasok jantung.

  • Telinga berlipat

Salah satu indikator eksternal seperti lipatan diagonal pada daun telinga atau dikenal sebagai tanda Sanders Frank. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara lipatan eksternal yang terlihat pada daun telinga dengan penyakit plak yang menumpuk dalam arteri.

Lebih dari 40 penelitian telah menunjukkan hubungan antara fitur telinga dan peningkatan risiko aterosklerosis. Tidak jelas apa penyebab dari hal tersebut, namun beberapa orang telah menyatakan bahwa hal tersebut harus dilakukan dengan asal embriologis. Bahkan baru-baru ini lipatan pada daun telinga juga terlibat dalam penyakit pembuluh darah otak.

  • Halo di sekitar Iris

Endapan lemak bisa terlihat di sekitar bagian luar iris disebut dengan Marcus senilis yang mulai ada di bagian atas dan bawah iris sebelum membentuk cincin.

Sekitar 45% mereka yang berusia di atas 40 tahun memiliki endapan lemak di sekitar iris matanya. Kondisi ini bisa semakin meningkat menjadi 70% pada mereka yang berusia di atas 60 tahun. Timbulnya bentuk cincin yang merupakan lemak ini telah terbukti memiliki hubunagn dengan beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner.

Itulah beberapa tanda aneh yang bsia jadi indikasi adanya masalah jantung. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda tersebut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa mengetahui penyebab pastinya. Semoga bermanfaat.