Awas! Diet Sembarangan Bisa Membahayakan Kesehatan Jantung,- obatjantungbocoranak.com – Memiliki berat badan yang ideal memang menjadi impian bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang selalu memperhatikan penampilan. Pasalnya, selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, memiliki berat badan ideal juga baik bagi kesehatan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, salah satunya yaitu diet. Diet memang menjadi cara yang populer untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda tidak boleh melakukan diet secara sembarangan. Pasalnya, diet yang tidak dilakukan dengan benar ternyata bsia memicu timbulnya beragam gangguan kesehatan, termasuk kegagalan jantung.

Konsep diet tanpa olahraga, diet hanya dengan mengonsumsi lemak, diet tinggi protein, termasuk jensi diet yang belakangan banyak dilakukan. Sayangnya, diet yang awalnya bertujuan untuk mendapatkan tubuh ideal justru akan memicu timbulnya beragam jenis penyakit jika dilakukan tanpa pengawasan dokter.

“Tiba-tiba ada tren enggak makan karbo, lemaknya tinggi. Kalau dilakukan pada orang yang tepat bisa terjadi penurunan berat badan, kalau pada orang tertentu dengan penyakit tertentu, justru bisa bahaya,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular RS Awal Bros Tangerang, dr. Yudistira Panji Sentosa, SpPD-KKV.

Lebih lanjut, Yudistira menjelaskan bahwa diet tinggi lemak pada dasarnya merupakan cara untuk menghilangkan lemak tubuh dengan cara memakan lemak, sehingga terjadi penurunan berat badan. Namun, jika proses ini tidak diterapkan pada orang yang tepat, justru akan menimbulkan penimbunan lemak di berbagai tempat berbeda.

Tubuh mengonsumsi lemak sebagai tenaga, ketika terpakai akan terjadi penurunan berat badan karena massa lemak berkurang. Akan tetapi, kita tidak tahu lemak yang baik dan jahat, buruk, jika terjadi akumulasi dan tinggi di dalam darah, akhirnya terjadi penimbunan. Yang paling ditakutkan yaitu pembuluh darah, jika di otak (terjadi) stroke, maka di mata bisa menyebabkan kebutaan.

Jika Anda terlanjur melakukan diet rendah karbo tinggi lemak, maka cobalah evaluasi kembali apa targetnya dan jangan terlalu mulut menetapkan target.

Kenali diri sendiri, seperti apakah memiliki kolesterol tinggi, atau memiliki keturunan kolesterol. Kedua, jangan menetapkan target terlalu muluk. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat, misalnya 10 kh dalam sebulan, maka akan ada kompensasi. Bisa menyebabkan rebound, efek karet, atau menyebabkan rasa lapar lebih hebat yang tidak bisa dikontrol. Semoga bermanfaat.