Benarkah Golongan Darah AB Berisiko Serangan Jantung?,- Baru-baru ini beberapa penelitian menemukan adanya kolerasi antara sejumlah penyakit dengan tipe golongan darah tertentu yang dimiliki. Benarkah ?

Golongan darah yang dimiliki ditentukan oleh substansi dalam darah (yang diwariskan dari kedua orangtua) yang terdapat pada permukaan terluar dari sel darah merah dalam tubuh. Substansi mikroskopik ini berinteraksi dengan sistem imun yang dapat memengaruhi risiko terhadap beberapa penyakit tertentu. Jadi, baik itu golongan darah A, B, AB, atau O, mungkin akan lebih rentan atau justru kebal terhadap masalah jantung, kanker, atau penyakit lainnya.

Mengenai hal tersebut, disebutkan bahwa salah satu golongan darah memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih tinggi, yaitu golongan darah AB. Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia dan cukup banyak ditakuti selain kanker dan diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 di Harvard School of Public Health (HSPH) menemukan bahwa orang-orang yang bergolongan darah AB memiliki risiko lebih besar mengalami penyakit jantung dibandingkan dengan golongan darah lain.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association (AHA) Arteriosclerosis. Thrombosis and Vascular Biology tersebut menyebutkan bahwa orang dengan golongan darah non-) (A, B, dan AB) sama-sama memiliki risiko besar mengalami penyakit kardiovaskuler.

Namun, hasil analisis data selama lebih dari 20 tahun yang dilakukan pada 89.500 orang dewasa ini menunjukkan bahwa golongan darah AB merupakan golongan darah yang paling berisiko mengalami penyakit jantung, yaitu 23% lebih besar dibandingkan dengan golongan darah O.

Penulis penelitian seklaigus asisten profesor Departement of Nutrition Amerika, Dr. Lu Qi, mengatakan bahwa walaupun orang tidak bisa mengubah golongan darahnya, namun penelitian tersebut membantu banyak orang untuk mengetahui risiko kesehatan apa yang mereka bawah. Jika orang mengetahui tubuhnya lebih berisiko mengalami penyakit apa, maka mereka bisa melakukan tindakan pencegahan.

Jadi, bagi Anda yang memiliki golongan darah AB, mulai saat ini alangkah baiknya jaga kesehatan dan rahin berolahraga agar tidak terserang penyakti jantung dikemudian hari.

 

Baca juga :

Konsumsi Makanan Manis Picu Penyakit Jantung
Kelebihan Vitamin C Picu Kerusakan Jantung
Pengobatan Penyakit Jantung Anak
Cara Mengobati Penyakit Jantung