Benarkah Minum Teh Hijau Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung?,- obatjantungbocoranak.com – Selain kopi, teh juga termasuk jensi minuman yang cukup banyak disukai oleh masyarakat. Ada beberapa jenis teh yang biasa dikonsumsi, salah satunya yaitu teh hijau.

Teh hijau sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena didalam teh ini terkandung zat antioksidan tinggi seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tidak hanya itu, teh hijau juga diketahui mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein.

Baru-baru ini, sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Biological Chemistry menuyebutkan bahwa terdapat kandungan nutrisi yang ditemukan dalam teh hijau yang dipercaya dapat melawan penyakit jantung. Benarkah?

Benarkah teh hijau bisa mencegah penyakit jantung ?

Para ilmuwan dari Lancaster University dan University of Leeds di Inggris menemukan sebuah solusi baru untuk membantu mengatasi gangguan jantung. Ilmuwan tersebut menemukan senyawa baru dalam teh hijau yang diindikasikan sangat bermanfaat untuk mengatasi serangan jantung.

Molekul tersebut dinamakan epigallocatechin gallate atau EGCG. Para ahli mengklaim jika EGCG ini dapat mencegah atherosclerosis yang notabennya merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya serangan jantung.

Penemuan ini memang terdengar menjanjikan. Namun, kandungan EGCG dalam secangkir teh hangat ternyata dianggap masih terlalu kecil. Untuk mendapatkan manfaatnya, ANda harus mengonsumsi ratusan liter teh hijau. Tentu ini bukanlah sesuatu yang direkomendasikan oleh para ahli.

Mengonsumsi teh hijau atau zat makanan lainnya yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya. Ada bukti yang menunjukkan bahwa teh hijau dalam dosis besar bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Saat ini, tim peneliti tengah mencari cara untuk memperkenalkan EGCG dalam jumlah yang efektif ke dalam aliran darah tanpa perlu minum teh hijau dalam jumlah besar. Ini bisa melibatkan modifikasi struktur kimia EGCG, sehingga lebih mudah untuk diserap dari perut dan lebih tahan terhadap metabolisme, atau mengembangkan metode baru untuk mengirimkan molekul ke plak, seperti melalui suntikan.

Profesor Kimia di Lancaster University, David Middleton, menyebutkan bahwa manfaat kesehatan teh hijau telah dipromosikan secara luas dan telah lama diketahui untuk beberapa waktu bahwa EGCG dapat mengubah struktur plak amyloid uang terkait dengan penyakit Alzheimer.

“Hasil kami menunjukkan bahwa senyawa yang menarik ini mungkin juga efektif terhadap jenis plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke,” kata Middleton.

Profesor Jeremy Pearson, Associate Medical Director di British Heart Foundation, menyebutkan jika tubuh kita sangat baik dalam menghancurkan EGCG sehingga menukar kopi dengan teh hijau tidak mungkin membuat perbedaan besar sehubungan dengan kesehatan jantung. Namun, rengan teknik molekulnya, para peneliti mungkin bisa membuat obat baru untuk mengobati serangan jantung dan stroke.

Profesor Sheena Radford, Direktur Astbury Center for Structural Molecular Biology di Universitas Leeds dan penulis penelitian, mengatakan bahwa temuan dari studi ini sangat menggembirakan.

“Kita sekarang perlu menerapkan teknik ilmiah terbaik untuk temukan bagai­mana kita dapat mengambil unsur EGCG molekuler dari teh hijau, dan mengubahnya menjadi alat yang berfungsi untuk memerangi masalah kesehatan yang membatasi hidup.,” kata Radford.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat yang bisa membantu menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.