Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Melalui Jari Tangan,- Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan penyebab kematian tertinggi di dunia. Pada tahun 2007, penyakit ini menjadi penyebab kematian no 1 di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Wales, dengan menewaskan 1 orang setiap 34 detikdi Amerika Serikat.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami berbagai gejala yang timbul untuk mendeteksi penyakit jantung sedini mungkin. Kita juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan tubuh secara medis untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, termasuk jantung secara menyeluruh.

Disamping itu, kita juga harus peka terhadap tanda-tanda yang diberikan tubuh ketika terjadi sesuatu yang tidak beres. Meskipun terkadang tanda-tanda tersebut tidak disadari atau tidak dipahami dengan jelas.

Namun, baru-baru ini terdapat sebuah cara yang cukup viral dan banyak dilakukan untuk mendeteksi penyakit jantung, yaitu dengan menggunakan jari tangan. Bentuk jari ternyata bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit jantung.

Artikel terkait :

Pengobatan Penyakit Jantung Ibu Hamil
Pengobatan Penyakit Jantung Anak
Cara Mengobati Penyakit Jantung

Clubbing finger atau yang disebut juga dengan jari tabuh adalah kelainan bentuk dari dan kuku tangan yang menjadikan jari tangan dan kaki membulat. Hal ini umumnya berkaitan dengan penyakit jantung dan paru-paru.

Namun Clubbing finger ini juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang berbahaya di tubuh. Atau juga bisa terjadi karena efek dari penyakit sebelumnya.

Perubahan yang terjadi pada jari ini sangatlah kecil hingga mungkin banyak yang tidak menyadarinya. Namun, kondisi ini akan berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu. Dan jika diperhatikan dengan seksama, maka perubahan tersebut dapat dilihat.

Kondisi ini mengacu pada perubahan pada area di bawah dan di sekitar kuku tangan dan kaki. Biasanya jari tabuh jarang menunjukkan rasa sakit. Tetapi orang yang memiliki clubbing finger mungkin akan menyadari adanya bengkak pada ujung jari.

Gejala umum yang terkait dengan clubbing finger diantaranya adalah :

  • Bantal kuku (kulit di bawah lempeng kuku) melembut dan kuku tampak mengembang daripada menempel kuat pada kuku.
  • Sudut yang tajam terbentuk dengan kutikula pada kuku.
  • Kuku melengkung ke bawah, seperti bentuk sendok yang terbalik.
  • Ujung jari tampak besar dan menonjol, terkadang memerah.

Clubbing finger ini disebabkan karena adanya penambahan jaringan ikat yang terjadi pada bagian jaringan lunak di dasar kuku yang berkaitan dengan kekurangan oksigen kronik/hipoksia kronik.

Tampaknya kondisi ini timbul sekunder akibat adanya substansi (kemungkinan humoral) yang menyebabkan dilatasi pembuluh-pembuluh darah pda ujung jari tangan.

Berikut ini merupakan cara mengetahui clubbing finger, yaitu :

  • Temukan kedua jempol tangan pada bagian punggungnya.
  • Pada jari normal, antara pangkal kuku dapat bertemu. Namun, pada clubbing finger, pangkal kuku tidak dapat bertemu dan membentuk sudut 165 derajat.
  • Dr Willie Ong juga menjelaskan gejala jari tabuh serta hubungannya pada penyakit jantung, dan penjelasannya ini kemudian menjadi vira.