Jantung merupakan salah satu organ yang paling pentung dalam tubuh dan berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Tentu saja, untuk menjaga kesehatan jantung kita harus menjalankan pola hidup sehat. Namun, walaupun begitu, sering kali kita melakukan kebiasaan kecil yang dianggap biasa namun bisa menyebabkan serangan jantung.

hal-sepele-berikut-ternyata-bisa-memicu-serangan-jantung

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa memicu serangan jantung :

Merokok

Kebiasan merokok hanya akan memperburuk kondisi pernapasan dan tekanan darah. Merokok bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan plak dalam arteri. Hal ini akan menghambat kinerja jantung.

Minum alkohol berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan berdampak buruk pada kesehatan jantung. Karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penumpukan lemak pada darah dan gagal jantung. Batasi konsumsi alkohol menjadi maksimum 2 gelas perhari.

Mendengkur

Dengkuran saat tidur sebenarnya bisa menjadi pertanda adanya kondisi penyakit  jantung. Pernapasan yang terganggu saat tidur dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit jantung.

Lupa berdiri

Duduk berjam-jam tanpa beranjak membuat seseorang berisiko lebih tinggi mengalami serangan jantung. Pasalnya gerakan tubuh yang sedikit membuat lemak dan gula dalam darah tidak terbuang secara sempurna.

Malas berolahraga

Berolahraga dengan frekuensi yang jarang tidak akan memberikan manfaat bagi kesehatan seluruh tubuh. Usahakan untuk berolahraga secara rutin dan lakukan dalam jangka waktu yang lama.

Menahan emosi

Perasaan frustasi, mudah marah, dan depresi yang tidak ditangani dapat memberi stress pada jantung. Emosi pada pikiran dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan jantung. Jika tidak ada pelampiasan emosi maka jantung akan memburuk.

Malas mengecek kesehatan

Level kolesterol yang tinggi merupakan tanda bahaya yang dapat mengancam kesehatan. Hal ini seringkali tidak disadari. Segera lakukan pemeriksaan sebelum terjadi berabagai komplikasi penyakit.

Mengonsumsi daging merah secara berlebihan

Daging merah mengandung lemak jahat yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makan berlebihan

Makan secara berlebihan dengan porsi yang terlalu besar bisa mengakibatkan obesitas dan penyakit jantung. Maka batasilah porsi makanan Anda dan hindari minuman yang manis.

Mengabaikan menyikat gigi

Gigi memainkan peran yang lebih besar dalam kesehatan secara keseluruhan. Tindakan menyikat gigi secara teratur dapat melindungi dari infeksi. Bakteri dari mulut dapat menyerang jantung.

Artikel terkait :