Hal Tak Terduga yang Bisa Memicu Serangan Jantung,- Penyakit serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Sebab penyakit jantung bisa menimbulkankan kondisi yang cukup parah hingga menyebabkan kematian.

Selain pada orang dewasa usia tua, kini penyakit jantung juga bisa menyerang pada orang dewasa usia muda, bahkan menyernag pada usia 20-an tahun. Maka dari itulah mengapa setiap orang kini harus lebih waspada dan selalu memperhatikan setiap pola hidup dan kesehatannya dengan lebih teliti. Jika tidak, maka serangan jantung bisa saja menyerang kapan saja secara tiba-tiba dan menimbulnya kondisi yang fatal hingga menyebabkan kematian yang tidak tertolong.

Hal Tak Terduga yang Bisa Memicu Serangan Jantung yang Harus Diketahui

Hal Tak Terduga yang Bisa Memicu Serangan Jantung

Serangan jantung bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola hidup yang tidak sehat, hingga beberapa kondisi penyakit lain seperti salah satunya kolesterol tinggi. Namun, ada juga beberapa hal tak terduga yang bisa memicu serangan jantung yang tidak banyak diketahui seperti berikut :

Lingkungan Perkotaan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, lingkungan perkotaan yang khas dengan kondisi kemacetan, asap kendaraan, rokok, asap pembakaran sampah, dan segala jenis polusi udara ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena serangan jantung. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa tubuh dua kali lebih rentan mengalami kematian karena terkena penyakit cardiopulmonary, atau penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung karena polusi.

Infeksi

Risiko tubuh terserang penyakit serangan jantung akan meningkat 5 kali lebih besar selama 3 hari setelah Anda terdiagnosis mengalami flu atau infeksi saluran pernafasan lainnya. Hal ini disebabkan karena infeksi bisa menimbulkan efek inflamasi atau pembengkakan yang bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Suplemen Kalsium

Suplemen kalsium biasanya dibutuhkan oleh ornagtua untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan wanita hamil, karena padda saat hamil kalsium dalam tubuh akan banyak diserap oleh bayi dalam kandungan. Sebuah penelitiand i New Zealand menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 1 gram kalsium sitrat secara rutin selama 5 tahun memiliki potensi 2 kali lipat mengalami serangan jantung.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa orang-orang, terutama wanita yang mengonsumsi kalisum 500 mg perhari memiliki kecenderungan mengalami seranganjantung sebanyak 30%. Jadi, jika tidak perlu sebaiknya jangan mengonsumsi splemen kalsium, kecuali jika Anda merupakan seorang ibu hamil atau orangtua yang memang disarankan oleh dokter untuk mengonsumsinya.

Gangguan Organ Ginjal

Hal tak terduga yang bisa memicu serangan jantung yang terakhir yaitu adanya gangguan pada organ ginjal. Sebuah penelitian tentang pasien dengan usia tua diRotterdam Belanda menemukan bahwa memiliki ginjal yang lemak, bahakn tanpa gangguan ginjal serius, bisa menempatkan penderitanya pada risiko tinggi serangan jantung.

Memang telah menjadi hal umum jika serangan jantung bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan tersumbatnya pembuluh arteri. Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda selalu mewaspadai hal tak terduga yang bisa memicu serangan jantung di atas. Karena tidak menutup kemungkinan serangan jantung bisa disebabkan oleh beberapa hal diatas.

Baca Juga :

Ramuan untuk Hilangkan Plak Di Pembuluh Darah Jantung
Obat Tradisional Jantung Koroner