Hindari Kebiasaan Ini Agar Kesehatan Jantung Tetap Terjaga,- Jantung termasuk salah satu organ vital manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kinerja jantung bermasalah, maka akan mengganggu organ lainnya. Mengingat begitu pentingnya fungsi jantung bagi tubuh, maka dari itu kesehatan jantung perlu dijaga dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya yaitu dengan menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, ketahui dan waspadai berbagai penyebab umum masalah jantung agar terhindar dari dampak bahaya yang ditimbulkan.

Berikut ini merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar kesehatan jantung tetap terjaga, diantaranya adalah :

Merokok

Sudah umum diketahui bahwa kebiasaan merokok dapat memicu penyakit jantung. Kandungan racun yang terkandung dalam asap rokok bisa menimbulkan masalah pada jantung.

Menonton televisi

Kebiasaan menonton televisi membuat sejumlah orang kurang beraktivitas dan hanya duduk di satu tempat. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Mengonsumsi garam berlebih

Mengonsumsi garam yang berlebihan merupakan salah satu pemicu tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung. Maka dari itu, batasi asupan garam harian Anda agar terhindar dari masalah jantung.

Mengonsumsi makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak membuat seseorang akan mengalami obesitas atau berat badan berlebih. Hal ini bisa memicu penyumbatan pada aliran darah, dan tentu saja menyebabkan timbulnya masalah pada jantung.

Tidak mengonsumsi buah dan sayur

Menu makanan seseorang juga dapat memengaruhi kesehatan jantung. Buah dan sayur diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk bagi jantung. Maka dari itu, pastikan asupan buah dan sayur menjadi menu makanan wajib harianmu.

Tidak berolahraga

Malas berolahraga bisa menyebabkan penyakit jantung dan penyakit lainnya. Usahakan untuk melakukan rutinitas olahraga setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti lari pagi ataupun hanya sekedar bersepeda santai.