Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Ada banyak hal yang sering dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, mulai dari menjaa pola makan sehat dan juga berolahraga. Namun, selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu dengan melakukan beberapa hobi.

hobi-ini-ternyata-bisa-bikin-jantung-anda-sehat

Ya, ada beberapa jenis hobi yang menyenangkan untuk dilakukan sekaligus bermanfaat untuk menjaga kesehaatn jantung, diantaranya adalah :

  • Berkebun

Jangan anggap remeh berkembun. Berkebun adalah aktivitas yang cukup melelahkan dan membutuhakn komitmen, namun akan sangan memuaskan jika Anda berhasil melakukannya.

Ada beberapa gerakan aktif yang bisa Anda lakukan ketika berkebun. Mulai dari menggemburkan atau menyiapkan tanah, menanam bibit, menyiram tanaman, menggunting daun yang layu, serta memberi pupuk atau vitamin pada tanaman.

Mungkin juga akan sangat memuaskan batin ketika Anda melihat kebun yang indah dan tersusun rapi. Melakukan serangkaian aktivitas berkebun dan mengalami perasaan bahagia tentu akan mengusir aktor risiko penyakit jantung.

  • Memasak

Melakukan aktivitas di dapur mungkin akan mencegah Anda untuk terus duduk tanpa beraktivitas. Gaya hidup sedenter seperti ini merupakan salah satu faktor risiko penyebab timbulnya penyakit jantung.

Di dapur Anda bisa melakukan beragam aktivitas, salah satunya adalah memasak. Selain bisa menghidangkan masakan yang lezat, memasak juga baik untuk kesehatan jantung. Selama memasak, Anda akan dipaksa untuk berdiri dan berjalan, serta melakukan gerakan dinamis lainnya. Otot lengan dantangan Anda juga akan terlatih ketika mengocok telur atau menguleni adonan kue. Dengan meningkatkan keterampilan memasak, Anda juga bisa menyajikan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi Anda dan keluarga.

  • Menari

Siapa yang suka menari ? Anda tidak perlu masuk ke kelas menari untuk bisa melakukan hobi yang satu ini. Cukup putar lagi favorit Anda di rumah, dan bergoyanglah. Anda bisa melakukan hobi ini sendiri ataupun bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Bukan hanya menghilangkan stress, tetapi menari juga dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan dan mampu membakar sebanyak 320 kalori (jika menari selama 1 jam). Agar lebih menari dan menambah motivasi, Anda juga bisa mengikuti kelas menari dan mempelajari beragam jensi tarian yang berbeda.

  • Bertamasya

Untuk bertamasya, tidak perlu mahal. Anda juag bisa melakukan perjalann hemat dengan backpacking atau bepergian ke situs-situs wisata dalam negeri yang tidak kalah menarik.

Ketika bertamasya, Anda akan banyak bergerak, berjalan kaki, dan melakukan aktivitas lainnya daripada dudukn di depat komputer, ngemil, atau melakukan beragam aktivitas lain yang menimbun kalori. Selain itu, bertamasya juga bisa melepaskan stress dan kepenatan, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.