Inilah Waktu yang Tepat untuk Memeriksa Kesehatan Jantung,- obatjantungbocoranak.com – Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga kesehatannya dengan cara menjaga dan menjalankan gaya hidup sehat. Misalnya mengatur pola makan sehat, banyak beraktivitas, serta menghindari faktor penyebab penyakit jantung.

Namun selain itu, melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) jantung secara teratur juga perlu dikalukan. Pemeriksan ini dilakukan untuk mengetahui seluruh sistem kardiovaskular, apakah bekerja dengan baik atau tidak.

Selain itu, penyakit jantung masih menjadi hal yang menakutkan. Penyakit kardiovaskular ini merupakan penyebab kematian no satu di dunoa. Penyakit jantung ini dapat mengancam siapapun tanpa terkecuali. Maka dari itu, setiap orang perlu waspada dan mulai memeriksakan kesehatan jantung sedini mungkin agar dapat mencegah penyakit dan serangan jantung yang parah.

Kapan waktu yang tepat untuk memeriksa kesehatan jantung ?

dr Yoga Yuniadi, SpJP(K), dokter spesialis aritmia yang juga sebagai Kepala Staf Medik Fungsional (SMF) Aritmia RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, mengungkapkan jika hasil pemeriksaan kesehatan sistem kardiovaskular (jantung) baik, maka pemeriksaan bisa dilakukan setahui sekali.

Namun, jika hasil pemeriksaan terlihat adanya kelainan tertentu, maka pemeriksaan selanjutnya akan lebih dekat waktunya. Jika ditemukan kelainan pada jantung, pemeriksaan kesehatan jantung biasanya dilakukan 6 bulan sekali.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan jantung, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya adalah :

  • Menggunakan alat elektrokardiografi (EKG) atau dikenal dengan rekam jantung
  • Echiocardiography atau USG jantung

Kedua jenis pemeriksaan tersebut hanya bisa digunakan untuk mendeteksi penyempitan pembuluh darah jantung yang sangat berat atau sudah mengganggu fungsi jantung.

Untuk mendeteksi pada taraf penyumbatan ringan, metode Treadmill Stress Test juga bisa dilakukan. Tes ini dilakukan dengan cara berlari di treadmill dan mencatat pergerakan aliran darah dari darah menuju jantung. Jika ditemukan adanya penyempitan pada pembuluh darah, maka rekam jantung akan berubah.

Selain itu, juga terdapat beberapa cara pemeriksaan jantung lainnya, seperti diantaranya CT Angio dan Calcium Score, Cardiac MR, dan PET Scan/SPET.

Itulah informasi lengkap seputar waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung serta beberapa cara pemeriksaan yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.