Jangan Abaikan Gejala Serangan Jantung pada Wanita Berikut!,- Serangan jantung masih menajdi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Kondisi ini pun pada umumnya mudah dikenali dengan berbagai gejala seperti nyeri dada, napas pendek, sampai seperti ada otot yang tertarik di dada atau punggung.

Gejala serangan jantung pada pria dan wanita tidak selalu sama. Jika tidak dikenali, maka perbedaan ini dapat membahayakan penderitanya. Maka dari itu, kita harus selalu waspada dengan berbagai gejala yang timbul, terutama wanita. Wanita sering kali tidak menganggap serius gejala serangan jantung yang timbul.

Selain itu, wanita cenderung tidak mencari pertolongan ketika penyakit jantung menyerang. Hal ini tidak lepas dari minimnya pengetahui tentang penyakit jantung pada wanita dan stigma bahwa gejala serangan jantung lebih banyak dialami pria.

Agar serangan jantung pada wanita bisa dideteksi lebih dini, berikut ini gejala serangan jantung pada wanita yang perlu diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

Bangun tidur dengan keringat di sekujur tubuh

Biasanya keringat dingin dianggap sebagai gejala fluktuasi hormonal, tapi kondisi ini bisa juga merupakan gejala serangan jantung yang tidak khas. Anda harus waspada jika sering berkeringat walaupun sedang tidak melakukan aktivitas yang memerlukan banyak gerak, seperti saat tidur atau duduk bekerja di ruangan ber-AC seharian.

Seakan tertimpa benda berat

Menurut Dr. Sharonne Hayes, seorang kardiologis dari Mayo Clinic, gejala serangan jantung yang paling sering dirasakan adalah rasa berat di dada seperti ada benda berat yang menindih dada. Rasa tidak nyaman di dada bisa jadi merupakan indikasi penyakit jantung yang serius. Jika Anda merasakan tidak nyaman di dada seperti ditekan, dada seperti diremas, atau rasa sakit di tengah dada yang berlangsung cukup lama dan hilang timbul, bisa jadi itu merupakan gejala serangan jantung.

Rahang terasa sakit

Nyeri dada merupakan gejala serangan yang khas dan cukup banyak dikenali. Namun, tidak sedikit wanita yang juga mengeluhkan sakit di bagian tangan, punggung, bahkan rahang mereka. Banyak yang mengira jika sakit pada rahang sebagai dampak dari salah posisi tidur.

Jika nyeri di rahang yang dialami tidak memiliki penyebab yang pasti dan sering terjadi atau diikuti dengan gejala lain seperti sesak di dada, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Pusing dan pingsan mendadak

Sering merasa pusing ringan dan kepala terasa berat atau bahkan tiba-tiba pingsan termasuk salah satu tanda bahwa Anda memiliki penyakit jantung. Kondisi ini sering terjadi seiringan dengan perasaan mual. Gejlaa ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria.

Gejala serangan jantung ini bukan pusing biasa, namun bisa sampai membuat Anda tidak bisa mengikuti aktivitas yang memerlukan banyak gerakan karena merasa mudah kelelahan. Misalnya lari pagi umumnya bisa dilakukan selama 30 menit, namun Anda hanya bisa melakukannya sekitar 10-15 menit saja.

Merasa sangat lelah

Ada berbagai alasan mengapa seseorang bisa merasakan kelelahan kronik, tapi jika Anda merasa kelelahan tiba-tiba, sulit tidur, dan merasa tidak bisa menyelesaikan tugas yang biasa dilakukan sehari-hari, sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Menurut dr. Leslie Cho, seorang kardiologis dan direktur dari Cleveland Clinic’s Women’s Cardiovascular Center, jika melakukan kegiatan ringan seperti tidur atau mengambil gelas tidak bisa dilakukan, maka bisa jadi Anda mengalami gejala serangan jantung.

Sesak napas saat naik tangga

Sama halnya dengan kelelahan dan keringat yang tiba-tiba keluar, gejala lain yang bisa timbul yaitu napas pendek sata menaiki tangga. Penyebabnya sampai sekarang masih sulit dijelaskan. Namun, menurut Hayes, kondisi ini merupakan gejala serangan jantung pada wanita. Cobalah untuk menahan napas selama 2 menit saat naik tangga, jika tidak kuat, maka Anda harus menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Baca juga :

Perbedaan Gejala Serangan jantung pada Pria dan Wanita
Benarkah Badan Lemas Teus Menerus Tanda Penyakit Jantung ?