Jenis Rempah-Rempah untuk Menjaga Kesehatan Jantung,- Rempah-rempah merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Selain sebagai pelengkap masakan, sejak dahulu rempah-rempah juga telah dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan.

Baru-baru ini, pengobatan modern telah mulai mempelajari kekuatan rempah-rempah-rempah dan memvalidasi beberapa sifat yang berguna. Bahkan, diketahui terdapat beberapa jenis rempah-rempah yang baik untuk kesehatan jantung.

Mengetahui Jenis Rempah-Rempah untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. jantung berperan dalam memompa darah dan oksigen di sekitar tubuh. Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk menjaga agar tetap bergungsi dengan baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain olahraga, menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi rempah-rempah. Nah, berikut ini beberapa jenis rempah-rempah untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa dikonsumsi :

Kunyit

Kunyit atau Curcuma longa L. indektik dengan senyawa aktif yang terkandung didalamnya, yaitu kurkumin. Kurkumin memiliki senyawa aktif yang berkhasiat sebagai antioksidan, antipembekuan, antiinflamasi, dan antiproliferasi. Dalam menjaga keshatan jantung, kunyit dapat membantu dalam mengatur kadar kolesterol darah. Jika kadar kolesterol tidak teratur, maka risiko terkena gangguan jantung mungkin bisa terjadi. Dengan demikian, kunyit mampu menahan akumulasi gumpalan darah dan membantu dalam mencegah terjadinya serangan jantung.

Baca Juga : Khasiat Kunyit untuk Mencegah Penyakit Jantung

Kapulaga

Rempah yang satu ini mungkin lebih dikenal karena kemampuannya dalam memngatasi penyakit pencernaan, seperti mual, muntah, mulas, dan diare. Namun, selain itu, kapulaga juga telah menunjukkan dampak positif dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap penderita penyakit jantung iskemik menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram kapulaha setiap hari selaam 12 minggu bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta peningkatan signifikan antioksidan aktivitas fibrinolitik.

Jahe

Jahe termasuk salah satu rempah yang cukup banyak digunakan untuk menjaga kesehatan. Selain dapat membantu menghangatkan tubuh, jage juga dikenal memiliki efek positif dalam membantu menjaga kesehatan fungsi jantung. Jahe dapat mengencerkan darah yang menggumpal dan mencegah terjadinya gumpalan darah dalam tubuh. Mengonsumsi jahe secara teratur dapat menghindarkan Anda dari serangan penyakit jantung.

Ketumbar

Ketumbar kaya akan dua senyawa utama, diantaranya linaloon dan asam dekanoat. Pada sebuah penelitian, benih ketumbar telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan kolesterol pada tikus.

Lada hitam

Piperin yang merupakan komponen utama dalam ladar hitam dan putih telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Beberapa studi ilmiah memberikan bukti bahwa lada hitam memiliki sifat menurunkan kolesterol dan dapat membantu dalam pemulihan fungsi jantung setelah serangan jantung.

Itulah beberapa jenis rempah-rempah untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menambahkan beberapa jenis rempah tersebut dalam masakan Anda sebagai upaya untuk menjaga kondisi dan fungsi jantung agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Pengobatan Penyakit Jantung Ibu Hamil
Obat Infeksi Jantung Anak dan Dewasa
Pengobatan Penyakit Jantung Bawaan