Kebaikan Konsumsi Kentang Rebus untuk Kesehatan Jantung,- Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan juga sering diajdikan sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang sedang berdiet.

Selain kaya akan kandungan karbohidrat, kentang juga diperkaya dengan kandungan vtamin dan mineral. Kandungan patinya dapat membuat lambung menjadi sehat. Tidak hanya itu, kandungan seratnya juga bisa mencegah kanker usus besar dan menyeimbangkan kerja insulin.

Menurut salah satu studi terbaru dari Amerika Serikat, disebutkan bahwa kentang bisa mencegah penyakit jantung hingga kaya akan kandungan vitamin. Profesor Derek Stewart dari James Hutton Institute, Skotlandia, membantah klaim yang menyebutkan jika kentang sebagai makanan tidak sehat dan hanya tinggi karbohidrat.

Dalam studinya, Stewart menyebutkan jika kentang mengandung banyak vitamin, mineral, hingga serat. Hal ini terbukti melalui responden yang mengganti daging dengan sayuran dan kentang sebagai menu makanannya.

“Jika Anda harus hidup hanya dengan satu makanan selamanya, pilih kentang. Selain mengandung vitamin, mineral dan serat, kentang juga mengandung karotenoid dan polifenol yang baik untuk tubuh,” kata Derek.

Studi epidemiologi yang dilakukan Stewart menyebutkna konsumsi kentang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. Hal ini terutama terlihat pada kelompok partisipan yang menggantu daging dengan sayuran dan kentang sebagai menu makanannya.

Walaupun begitu, Stewart menyebutkan jika manfaat ini bisa didapatkan jika mengonsumsi kentang utuh, baik itu direbus, ditumbuk, dikukus, atau dipanggang. Sedangkan makanan olahan seperti keripik kentang dan kentang goreng tidak memberikan manfaat tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh pakar diet dan gizi ternama, Dr Mark Taylor. Dalam laporannya yang berjudul Potato – A basis for human nutrition dan health benefits ini menunjukkan bahwa kentang sama sehatnya dengan sayuran hijau dan buah-buahan.

Sementara kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalam kentang terbukti bisa mencegah penurunan fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan demensia. Maka dari itu jangan salah, kentang baik dikonsumsi saat diet karena banyak mengandung nutrisi.

Baca juga :

Jangan Abaikan Gejala Serangan Jantung pada Wanita Berikut !
Tes Darah untuk Mendeteksi Kesehatan Jantung
Obat Herbal Penyakit Jantung Iskemik