Kelebihan Vitamin C Bisa Picu Kerusakan Jantung,- Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dengan salah salah satu manfaatnya yaitu untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Manfaat vitamin C juga penting dalam mendukung pertumbuhan badan secara normal. Tidak hanya itu, vitamin C juga berperan dalam membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu menjaga kesehatan jaringan.

Karena tubuh tidak adpat memproduksi ataupun menyimpan vitamin C secara alami, maka mengonsumsi suplemen vitamin ini secara teratur sangat diperlukan. Vitamin C umumnya bisa diperoleh dari buah dan sayur. Namun, selain itu, berbagai vitamin C juga bisa didapatkan dari tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan dalam air, permen, pil, hingga dalam bentuk suntikan. Namun, manfaat vitamin C dalam bentuk suntikan perlu diberikan oleh tenaga medis profesional dan resmi untuk menghindari risiko terjadinya efek samping.

Dampak Kelebihan Vitamin C Bisa Picu Kerusakan Jantung

Meskipun vitamin C memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi vitamin C ternyata juga dapat mendatangkan penyakit.

Sebuah artikel di The New York Times pada tahun 1998 pernah mengutip sebuah bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi 500 mg vitamin C dalam sehari bisa menimbulkan dampak pro-oksidan yang adpat merusak genetik dan DNA seseorang. Profesor kedokteran di Mount Sinai School of Medicine di Kota New York, dr. Victor Herbert, menyebutkan bahwa vitamin C yang dikemas dalam bentuk suplemen bisa membahayakan tubuh.

“Suplemen vitamin C bisa memobilisasi zat besi dalam tubuh sehingga mampu mengubah zat besi menjadi senyawa yang berbahaya, yang menginduksi kerusakan pada jantung dan organ lainnya,” ucap dr. Herbert.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The Journal of The American Medical Association menyebutkan bahwa banyak mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Walaupun mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C baik bagi kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan dampak buruk pada tubuh.

Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari beragam jenis sayur dan buah dibandingkan dari suplemen vitamin C. Pastikan untuk mengonsumsi minimal 1 jenis makanan yang kaya akan vitamin C setiap harinya, seperti jeruk, kiwi, stroberi, atau yang lainnya.