ketahui penyakit jantung bawaan pada bayi

Penyakit jantung bawaan dapat terjadi pada bayi sejak lahir, karena adanya pembentukan jantung yang tidak sempurna di dalam kandungan. Penyabab dari penyakit jantung bawaan hingga saat ini belum diketahui dengan pasti. Namun, diketahui ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Ganesja Harimurti menjelaskan bahwa faktor resiko penyakit jantung bawaan pada bayi bis amempengaruhi janin pada usia kehamilan trimester pertama. Karena pembentukan jantung yang sempurna terjadi pada usia 3-4 bulan.

Faktor resiko penyakit jantung pada bayi diantaranya yaitu faktor keturunan atua genetik, ibu hamil pada usia 40 tahun ke atas, menggunakan obat-obatan jaman dulu untuk menenangkan ibu hamil.

Baca Juga : Pengobatan Penyakit Jantung Pada Anak

Selain itu, faktor resiko lain yang dapat memicu timbulnya penyakit jantung bawaan pada bayi yaitu terunfeksi virus atau parasit, seperti campak jerman, rubella, dan toksoplasma. Jika ibu hamil terinfeksi oleh kedua virus ini, maka bisa menular pada bayi yang dikandungnya. Tidak hanya menyebabkan kelainan jantung, infeksi virus ini juga bisa menyebabakn kelainan bawaan lainnya.

Merokok dan terpapar sinar rontgen juga merupakan salah satu faktor resiko terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi. Maka dari itu, ibu hamil tidka diajurkan untuk melakukan rontgen secara sembarangan.