Khasiat dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Jantung

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Manfaat dan khasiat buah naga ini sudah meluas dan banyak diketahui oleh masyarakan. Buah naga memiliki rasa buah yang hambar dan sedikit manis merupakan sumber antioksidan yang cukup baik dan dapat melindungi diri dari radikal bebas dan penyakit kanker. Salah satu khasiat dair buah naga adalah menetralkan tubuh dari racun dan logam berat.

Selain itu, ternyata buah naga ini juga menyimpan manfaat yang baik untuk keseahatan jantung. Hal tersebut dikarenakan buah naga dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dan kemungkinan terjadinya penumpukan plak di arteri dan vena sanga rendah atau bahkan tidak mungkin terjadi. Kandungan positif dari buah naga ini bisa mengaktifkankolesterol HDL (kolesterol baik) dan mampu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan mengurangi reseptor yang ada di dinding arteri.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Farmakognisi pada tahun 2010, para peneliti menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah naga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Karena buah naga memiliki kandungan lemak monosaturade yang membantu menjaga hati kita dalam kondisi baik. Selain itu, buah naga juga bisa menurunkan tingkat stress yang tinggi oksidasi, yang merupakan salah satu faktor utama penyakit jantung.

Tidak hanya itu, didalam buah naga ini juga terdapat kandungan vitamin B1, B2, B3 dan juga vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan memulihkan nafsu makan.

Kandungan fosfor dan kalsium juga terdapat dalam buah naga ini, kedua zat ini sangat bermanfaat untuk memperkuat jaringan tulang dan gigi menjadi lebih kuat dan sehat, selain itu juga sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anka yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kandungan serat yang cukup tinggi juga sangat efektif dalam melancarkan sistem pencernaan sekaligus mencegah berbagai penyakit gangguan saluran pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah naga ini, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Atau jika Anda kurang suka dengan rasanya, Anda juga bisa mencampurkan buah naga ke dalam menu makanan sehari-hari.