obatjantungbocoranak.com,- Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang paling umum terjadi. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner.

Sejatinya plak sudah bersarang di dinding arteri sejak seseorang masih muda. Semakin tinggi usia seseorang, maka plak semakin menumpuk di lokasi yang sama. Semakin besar plak, maka arteri koroner akan semakin smpit, sehingga suplai darah yang kaya akan oksigen semakin menipis ke jantung. Plak juga dapat pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Jika hambatan aliran darah ini terjadi pada arteri koroner, maka dapat terjadi serangan jantung.

Makanan Kaya Serat Bantu Cegah Penyakit Jantung Koroner Secara Efektif

Mengontrol pola makan sehat sangat disarankan bagi penderita penyakit jantung koroner. Penderita harus memperhatikan pola makan yang tepat dengan asupan nutrisi yang cukup agar tidak mudah mengalami serangan jantung. Hindari mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah. Selain itu, dokter selalu menyarankan untuk memlih bahan makanan yang kaya akan kandungan serat, seperti diantaranya :

Beri

Stroberi atau blueberry sangat cocok dikonsumsi oleh penderita jantung koroner. Hal ini disebabkan karena manfaatnya mampu meningkatakn sirkulasi darah, mengurangi peradangan, menghilangkan racun dari darah, dan juga sebagai pengencer darah alami.

Kacang almond

Almond dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mengurangi peradangan, dan asam lemak omega 3 yang dikandungnya juga baik untuk jantung dan otak.

Biji-bijian

Sebaiknya pilihlah bahan makanan biji-bijian yang kaya akan vitamin E, sehingga dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Jika rutin mengonsumsinya, maka dijamin dapat mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

Makanan yang mengandung salisilat

Jenis makanan yang mengandung salisilat sepeti jeryk, plum, alpokat, ceri, anggur, kubis dan kranberi mengandung aspirin yang membuat peredaran darah lancar. Dokter selalu menyarankan agar penderita jantunt koroner untuk mengonsumsi makanan jenis ini akan tidak terjadi komplikasi stroke.

Minyak zaitun

Buah zaitun memiliki sifat pengencer darah yang sangat baik untuk penderita jantung koroner. Terlebih lagi jika sudah diolah menjadi minyak, begitu kaya antioksidan untuk membersihkan racun dari darah dan mengandung asam lemak omega 3 untuk mengurangi peradangan.

Selain mengonsumsi makanna kaya serat untuk bantu cegah penyakit jantung koroner, Anda juga harus mengubah gaya hidup dengan mulai meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok, serta mengonsumsi minuman keras. Beberapa hal lain seperti berolahraga secara teratur, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi stress juga bisa membantu mencegah terjadi penyakit jantung koroner.

Artike Terkait :