Manfaat Air Liur Kutu Bantu Cegah Peradangan Jantung,- Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar kata kutu ? Tidak sedikit orang yang merasa jijik ketika mendengar atau melihat kutu. Namun, disamping itu, ternyata kutu juga memiliki manfaat, salah satunya terletak didalam air liurnya.

Air liur kutu diketahui mengandung protein yang bisa menghentikan peradangan jantung yang bisa memicu myicarditis atau penyakit jantung yang umumnya menyerang anak muda.

Protein tersebut bekerja denganc ara menetralisir senyawa kimia yang disebut dengan chemokines pada inang atau yang dihinggapi oleh kutu tersebut. Sedangakn myocarditis dipicu oleh chemokines yang dilepasklan didalam jantung dan menyebabkan terjadinya peradangan pada otot jantung.

Peneliti mencatata bahwa air liur kutu mengandung lebih dari 3.000 jenis protein, walaupun jumlah ini masih bergantung pada spesies kutu itu sendiri.

Proses ekstraksi air liurnya juga tidak dilakukan secara manual, tetapi hanya dengan mengambil proteinnya saja, kemudian ditumbuhkan diatas ragi. Cara ini diakui oleh peneliti dapat memperbanyak protein dari air liur kutu dalam jumlah besar.

“Myocarditis selain sulit terdeteksi, obatnya pun masih sangat sedikit. Jadi dengan temuan ini kami berharap bisa merancang terapi atau pengobatan untuk orang yang mengalaminya,” papar ketua tim peneliti, Prof Shoumo Bhattacharya.

Namun, masalahnya adalah proses terjadinya pelepasan senyawa kimia hingga memicu peradangan pada pasien myocarditis ini sulit untuk dideteksi. Akibatnya banyak orang yang mengalami gagal jantung, sehingga sebagian diantaranya memerlukan transplantasi atau cangkok jantung. Maka dari itu, penemuan ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mencegah chemokines.

Ke depannya, peneliti juga mengatakan bahwa obat dari air liur kutu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit lain yang sama-sama dipicu oleh peradangan organ, seperpti serangan jantung, stroke, radang pankreas (pankreatitis), dan arthritis (radang persendian).

Kendati demikian, peneliti masih memerlukan waktu yang lama untuk mengembangkan obat ini hingga akhirnya dapat digunakan pada manusia.

Baca Juga :

Obat Infeksi Jantung

Obat Penyakit Jantung Akibat Infeksi Virus