mengenal penyakit katup jantung bocorKatup jantung bocor merupakan penyakit atau gangguan yang terjadi pada katup jantung. Katup jantung merupakan jaringan penutup yang mengatur aliran darah ke dan dari ruangan jantung. Jantung terdiri atas 4 katup, yaitu katup mitral, katup trikuspid, katup pulmonal, dan katup aorta. Jika salah satu katup mengalami kebocoran, maka disarankan untuk cek ke dokter spesialis jantung untuk mengetahui apakah kebocoran tersebut termasuk ringan atau berat.

Dalam tahapan yang ringan, regulasi katup biasanya tidak menunjukkan gejala. Kelainannya bisa dideteksi denganmenggunakn stetoskop, dimana terdengar suara murmur yang khas yang disebabkan karena pengaliran kembali aliran darah ke atrium kiri ketika ventrikel kanan berkontraksi.

Namun, jika kondisi katup jantung bocor besar, maka akan disaranakn untuk melakukan operasi. Meskipun bisa diatasi dengan pengobatan-pengobatan lain, namun tidak dapat memperbaiki otot jantung seutuhnya.

Katup jantung bocor bisa terjadi karena infeksi seperti infeksi endokarditis dan juga demam reumatik, kemudian terjadi degenerasi ataupun tidak normal keturunan. Penyakit katup jantung bcoor dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti :

  • Kesulitan mengatur napas atau sesak anpas, padahal sedang melakukan kegiatannormal atua ketika berbaring datar di tempat tidur.
  • Pusing atau mengaalami kelemahan. Penderit aakan merasa sangat lemah ketika akan melakukan sesuatu yang disertai dengan rasa pusing, bahkan pingsan. Hal ini terjadi karena ketidaknyamanan pada bagian dada seperti tertekan ataupun berat badan tertumpu di dada.
  • Palpitasi, yaitu irama jntung yang terasa lebih cepat, denyut jantung tidak teratur, perasaan flip-flop pada bagian dada dan denyut di lewati.
  • Timbul pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, ataupun perut. Hal ini disebut sebagai efema. Pembengkakakn pada bagian perut juga membuat Anda merasa kembung.
  • Berat badan mengalami kenaikan sekitar 2-3 kg dalah sehari kemungkinan terjadi.

Jika tidak diatasi dengan tepat, maka katup jantung bocor bisa menyebabkan komplikasi lainnya, seperti gagal jantung, terdapat gangguan irama jantung, serangan jantung, hingga kehamilan dnegan resiko tinggi, stroke, dan juga kematian. Maka dari itu, penderita yang telah didiagnosisi mengalami katup jantung bocor harus mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

Baca Juga : Obat Jantung Bocor Anak

Penanganan katup jantung bocor terdiri atas obat-obatan, melebarkan katup jantung dengan balon, dan operasi perbaikan ataupun penggantian katup. Jika timbul keluhan dan telah didiagnosis, maka pengobatan yang paling tepat adalah dengan cara operasi/ Keputusan operasi sendiri juga harus terlebih dahulu melalui pemeriksaan lengkap dan sudah atas pertimbangan tim dokter.