Obat Jantung Bocor,- Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, yaitu sebesar sekepalan tangan masing-masing individu. Namun, jantung memiliki fungsi yang besar dan cukup penting. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Jika kesehatan jantung tidak terjaga dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan beragam penyakit dan gangguan bisa muncul. Penyakit jantung dikenal dengan sebutan ‘Silent Killer’ atau membunuh dalam diam. Hal ini disebabkan karena penyakit ini bisa datang secara tiba-tiba dan kondisi terparah bisa menyebabkan kematian.

Tanda atau gejala serangan jantung tidak selalu sama. Terutama pada wanita, tanda dan gejala masalah jantung tidak selalu mengikuti pola yang umum terjadi.

Mengecek tekanan daran dan kolesterol secara rutin merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung. Untuk menghindari penyakit jantung, Anda patut mengenali tanda-tanda jantung tidak bekerja dengan baik yang berisiko sebabkan penyakit jantung berikut ini :

Nyeri dada

Tekanan yang terus-menerus, seperti beban berat yang menekan dada, bisa jadi salah satu tanda nyeri akibat penyakit jantung. Tanda nyeri ini memang tidak selalu terasa tajam, bisa juga rasa sakit yang halus dan terkadang terasa hingga ke bahu, lengan, leher, atau rahang. Nyeri dada yang timbul selama atau setelah olahraga dan juga stres bisa jadi pertanda adanya masalah pada aliran darah Anda.

Kelelahan atau sulit tidur

Menurut sebuah studi dari University of Arkansas, banyak perempuan yang terkena serangan jantung merasa lelah selama minggu menjelang serangan. Mereka juga melaporkan adanya gangguan tidur sebelum akhirnya terserang penyakit jantung.

Sesak napas

Jika sebuah aktivitas rinagn sudah membuat Anda sesak napas, padahal sebelumnya Anda mudah untuk naik dan turun tangga tanpa terengah-engah, bisa jadi itu berarti ada masalah pada jantung Anda. Sesak napas yang timbul saat Anda berbaring juga bermasalah. Ini mungkin berarti adanya masalah pada katup jantung. Jadi, pastikan untuk menyampaikan masalah yang Anda alami kepada dokter agar menjadi perhatian.

Artikel Terkait :

Pusing

Sering merasa pusing bisa jadi pertanda adanya penyumbatan atau masalah yang terkait katup, terutaam jika jantung Anda berdebar-debar atau palpitasi. Berdasarkan penelitian terbaru dari University of North Carolina, sering pusing setiap kali Anda berdiri dengan cepat dapat menjadi pertanda akan terjadinya gangguan jantung.

Gejala seperti flu

Menurut Hildreth, mual, lelah, tubuh terasa dingin atau berkeringat bisa menandakan peredaran darah dalam tubuh tidak cukup baik. Semua orang tentu bisa saja merasakan gejala tersebut beberapa kali.

Namun, jika mendapati gejala ini setelah melakukan aktivitas fisik, segera temui dokter Anda. Selain itu, sakit perut parah juga bisa menjadi peringatan. Penelitian menunjukkan, beberapa perempuan mengalami gangguan pencernaan selama beberapa hari sebelum terkena serangan jantung.

Karena tidak mengasosiasikan sakit perut dengan gangguan jantung, mereka menunda untuk mendapatkan pengobatan. Jika ragu, segera cari bantuan medis.