obatjantungbocoranak.com,- Tidak hanya pada usia dewasa saja, penyakit jantung juga bisa dialami oleh bayi. Penyakit jantung bawaan merupakan penyebab kelainan bawaan yang sering dialami oleh bayi.Tercatat sekitar 8 dari 1.000 kelahiran hidup di Indonesia dilahirkan dengan penyakit jantung bawaan (PJB).

Secara garis besar, PJB di bagi menjadi 2 kelompok, yaitu PJB biru (sianotik) yang lebih cepat menimbulkan gejala dan paling mudah dikenali. Dan PJB non-sianotik, yaitu PJB yang tidak menimbulkan warna kebiruan pada anak.

Mengetahui Ciri-Ciri Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Umumnya bayi dengan keluhan penyakit jantung bawaan tidak menunjukkan gejala atau asimtomatis. Namun, ada beberapa tanda khas yang harus diperhatikan. Maka dari itu, para orangtua harus mengetahui ciri-ciri penyakit jantung bawaan pada bayi berikut :

  • Kulit kebiruan, terutama jika aktivitas meningkat, seperti menangis
  • Keringat dingin atau pucat
  • Terlihat detak jantung lebih cepat
  • Bayi sering berhenti menyusu,karena napasnya tersenggal-senggal
  • Mudah capek, anak berjalan sebentar kemudian jongkok atau berhenti
  • Sering mengalami infeksi saluran pernapasan
  • Pertumbuhan terhambat (berat badan bayi sulit naik)

Jika Anda mendapati bayi mengalam ciri-ciri tersebut, maka segeralah bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut untuk memastikan kelainan jantung yang dialami oleh bayi.

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi bisa dilakukan dengan merencanakan kehamilan dengan baik. Jantung merupakan organ penting yang sudah terbentuk pada usia kehamilan belum genap 1 bulan, sehingga sering kali ibu belum menyadari jika dirinya hamil. Maka dari itu, menjaga kesehatan calon ibu dan merencanakan kehamilan sangatlah penting bagi kesehatan bayi.

Baca Juga : Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Jantung