Mengetahui Gejala Sakit Jantung yang Sering Diabaikan,- Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan banyak ditakuti. Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui tanda-tanda atau gejala penyakit jantung yang timbul.

Selain itu, tidak sedikit pula yang tidak menyadari dan seringkali mengabaikan kondisi tubuhnya masing-masing dan seringkali menganggap bahwa gejala yang dialaminya merupakan penyakit ringan. Padahal, gejala atau tanda gangguan kesehatan yang dianggap ringan tersebut terkadang merupakan salah satu dari gejala penyakit berbahaya, seperti sakit jantung.

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini merupakan beberapa gejala sakit jantung yang sering diabaikan, diantaranya :

Pusing

Pusing merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup sering timbul. Namun, pusing yang sering terjadi dan terus menerus bisa jadi termasuk gejala sakit jantung. Pusing merupakan salah satu tanda jantung tidak mendapatkan cukup darah.

Gusi berdarah

Penelitian menunjukkan bahwa gusi berdarah bisa menyebabkan masalah pada jantung. Satu teorinya adalah bakteri dari gusi masuk ke dalam aliran darah dan memicu peradangan di lever. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memeriksakan gigi dan gusi secara teratur untuk memonitor kesehatan mulut.

Sesak napas

Sesak napas juga bisa menjadi gejala gagal jantung, irama jantung tidak normal, atau serangan jantung. Jangan sungkan untuk memberitahu dokter jika Anda mengalami sulit bernapas saat berbaring.

Garis hitam di leher

Anda mungkin menemukan garis hitam yang disebut acanthosis nigricans di lipatan kulit dan lipatan seperti leher, ketiak, dan selangkangan. Kondisi ini bisa membantu mengetahui adanya masalah gula darah dan jantung.

Perubahan warna kulit

Warna kulit di jari-jari tangan dan kaki menjadi kebiruan atau abu-abu bisa berasal dari sirkulasi darah yang buruk. Anda juga mungkin mengalami bercak darah di bawah kulit dibagian dalam tangan dan kaki saat mengidap endokarditis (infeksi lapisan dalam lambung).

Noda gelap di bawah kuku

Jika Anda mendapati adanya titik darah yang terperangkap di bawah kuku, maka ini bisa jadi pertanda adanya infeksi pada lapisan jantung dan katup, yang disebut dengan endokarditis.

Kekuatan tangan melemah

Kekuatan tangan juga bisa memberi pertanda mengenai kekuatan jantung. Penelitian menunjukkan kemampuan meremas sesuatu berkaitan dengan risiko penyakit jantung.

Ruam kulit kekuningan

Tingkat trigliserida yang sangat tinggi bisa membuat kulit mengalami ruam di sekitar sela-sela jari dan jari kaki. Hal ini menunjukkan banyaknya lemak dalam darah yang mungkin berperan dalam mengerasnya arteri (pembuluh darah) dan sering dihubungkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke.

Disfungsi seksual

Pada pria, masalah disfungsi seksual bukan berarti disebabkan karena adanya gangguan pada organ resproduksi atau kesehatan mental saja. Terbentuknya plak yang menyumbat arteri dapat mengganggu aliran darah ke penuh sehingga seulit ereksi.

Sedangkan pada perempuan, masalah seksual biasanya akan timbul pada sekitar usia menopause. Menopausenya sendiri tidak membuat sakit jantun menurun karena adanya perubahan tekanan darah dan kolesterol yang terjadi, hal tersebut secara tidak langsung semakin meningkatkan risiko penyakit.

Sleep apnea

Jika Anda mengalami dengkuran dengan napas yang terputus-putus atau sering disebut dengan sleep apnea, maka sebaiknya hati-hati. Hal ini mungkin menandakan jika otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Gejala ini bisa membuat pembuluh darah dan jantung bekerja keras agar aliran darah tetap mengalir.

 

Baca juga :

Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Melalui Jari Tangan

Obat Gejala Kelainan Katup Jantung Bocor

Memelihara Anjing Mampu Kurangi Risiko Serangan Jantung