Menjaga Kesehatan Jantung dengan Manfaat Minyak Zaitun,- Telah kita ketahui bahwa minyak zaitun memiliki begitu banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan juga dapat membantu mengatasi dan mencegah berbagai penyakit. Maka tak heran jika minyak ini banyak digunakan sebagai bahan dasar dari kosmetik, obat-obatan, sabun, dan juga ditambahkan dalam masakan.

Minyak zaitun merupakan lemak atau minyak yang diperoleh dari buah pohon zaitun (Olea europaea), sehingga minyak yang dihasilkannya pun dinamakan minyak zaitun. Tanaman ini banyak tumbuh di negara Mediterania.

Minyak zaitun merupakan salah satu makanan sehat yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan lemak sehat yang dimiliki oleh minyak zaitun sangat baik untuk jantung dan juga kesehatan tubuh. Jenis lemak baik tersebut yaitu asam lemak tak jenuh tunggal atua monounsaturated fatty acid / MUFA. Asam lemak tak jenuh tunggal ini dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dan kadar kolesteril total dalam tubuh, serta membantu mempertahankan kadar kolesterol baik dalam darah. Hal inilah yang kemudian dapat membantu menurunkan risiko dari penyakit jantung dan stroke.

Asam lemak tak jenuh tunggal ini juga dapat membantu perkembangan dan mengontrol sel-sel dalam tubuh dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Tidak hanya itu, asam lemak tak jenuh tunggal ini juga dapat membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Biasanya minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal juga mengadnung vitamin E, yaitu vitamin yang mengadnung antioksidan. Sehingga minyak zaitu yang termasuk salah satu minyak dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan senyawa fenolik yang disebut polifenol. Kadnungan ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi pembekuan darah, dan melindungi lapisan pembuluh darah arteri. Minyak zaitun yang mengandung polifenol tinggi dapat memengaruhi gen yang mengurangi risiko sindrom metabolik dan penyakit jantung.

Meskipun minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, namun Anda tetap harus menggunakannya secara bijak sesuai dengan kebutuhan. Bagaimanapun, minyak zaitun merupakan lemak yang mengandung kalori tinggi. Jika digunakan terlalu banyak, maka hal ini dapat menyumbang kalori tambahan pada tubuh. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya secukupnya saja. American Heart Association pun menyarankan batas konsumsi makanan yang mengadnung asam lemak tak jenuh adalah kurang dari 20% dari total energi harian yang diperlukan.

Baca Juga :

Pengobatan Tumor Jantung
Mengobati Penyakit Jantung dengan Herbal
Obat Jantung Koroner