Nutrisi Lengkap untuk Menekan Risiko Penyakit Jantung Anak

Tidak hanya ketika anak sudah lahir, namun pemberian nutrisi lengkap juga harus diberikan sejak dalam kandungan atau 1000 hari pertama kehidupannya. Manfaatnya bukan hanya bisz dirasakan pada usia anak-anak, namun juga hingga mereka berusia dewasa.

Menurut Dokter Tria Rosemiartri, gizi baik diawal kehidupan sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan, bahkan masa depan anak. Berdasarkan sejumlah penelitian, pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 25% dan menurunkan risiko hingga 20% kelak melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Nutrisi yang cukup dan seimbang juga akan membuat anak memiliki kemampuan kognitif lebih tinggi pada usia dewasa dan penghasilan yang tinggi. Tria mengungkapkan, 1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas bagi anak untuk mengoptimalkan semua organ tubuhnya.

Asupan nutrisi yang penting untuk anak diantaranya adalah AA, DHA untuk perkembangan otak, kalsium, dan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi, prebiotik dan zinc untuk ikesehatan saluran cerna, serta vitamin A dan zinc untuk sistem imunitas.

Ibu hamil perlu mendapatkan gizi yang seimbang seperti asam folat dan vitamin B12 untuk memelihara pertumbuhan dan perkembangan janin. Untuk memenuhi asupan gizi seimbang, selain dari makanan juga bisa didapatkan dari susu khusus ibu hamil.

Setelah itu, berikan si kecil air susu ibu (ASI) eksklusif selaam minumal 6 bulan. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi untuk mendapatkan gizi seimbang. Setelah berusia sekitar 1 tahun, anak-anak juga bisa diberi nutrisi tambahan dengan minum susu.