Olahraga memang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, tidak halnya bagi penderita penyakit jantung. Bagi penderita jantung, olahraga bisa memiliki manfaat atau bahkan menimbulkan risiko.

Para prinsipnya, gangguan jantung sebenarnya bisa dialami oleh siapapun. Namun, menurut data yang ada, semakin lanjut usia, maka semakin tinggi pula risiko Anda menderita gangguan jantung. Maka dari itu, semakin lanjut usia Anda, maka Anda harus lebih berhati-hati saat berolahraga.

olahraga-yang-bahaya-dilakukan-penderita-jantung

Hal ini bukan berarti melarang Anda untuk berolahraga. Namun, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukan. Terutama jika Anda terindikasi memiliki gangguan pada jantung. Hal ini disebabkan karena jenis olahraga tertentu bisa sangat membahayakan bagi seseorang yang menderita gangguan jantung, baik kelainan jantung bawaan ataupun penyakit jantung koroner.

Olahraga yang bahaya dilakukan penderita jantung yaitu olahraga yang bersifat kompetisi, seperti basket, tenis, sepak bola, lari, bulu tangkis, dan berbagai jenis olahraga lainnya. Hal ini disebabkan karena pada saat berkompetisi, seseorang dituntut untuk mengelarkan segala kemampuannya tanpa bisa menyesuaikan batasan dengan kemampuan personalnya.

Akibatnya, seseorang yang pada dasarnya sudah memiliki kelainan jantung bisa secara tiba-tiba mengalami gangguan irama dan kerja jantung, kemudian terjadilah serangan jantung. Sayangnya, serangan jantung ini terjadi di luar rumah sakit, dan tentunya dengan ketersediaan fasilitas yang terbatas. Sehingga tindakan penyelamatan akan lebih sulit untuk dilakukan.

Maka dari itu, jika Anda terindikasi menderita penyakit jantung, sebaiknya harus lebih selektif dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukan dan hindari jenis-jenis olahraga kompetisi yang memperlukan usaha yang ekstra dalam melakukannya. Jika Anda diharuskan untuk melakukannya, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan masukan yang tepat dengan kondisi Anda.

Artikel Terkait :