Pelihara Anjing Mampu Mengurangi Risiko Serangan Jantung,- Bagi para pecinta binatang, memelihara hewan di rumah merupakan hal yang umum. Selain kucing, anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak dipilih.

Memelihara hewan peliharaan memang cukup menyenangkan dan bisa memberikan manfaat. Tidak hanya bisa melihat tingahnya yang lucu dan menggemaskan, memelihara anjing ternyata juga baik bagi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang baru saja dilakukan di Swiss menghasilkan kesimpulan menarik. Memelihara anjing ternyata bisa berpengaruh pada risiko serangan jantung dan kematian pemiliknya.

Bagi mereka yang hidup sendiri, memelihara anjing dapat mengurangi risiko kematian hingga 33% dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara anjing. Risiko kematian akibat serangan jantung juga berkurang sampai 36%.

Sedangkan bagi mereka yang telah menikah dan hidup bersama orang lain, memelihara anjing dapat mengurangi riisko kematian meski tidak sebesar pada mereka yang hidup sendiri, yaitu hanya 11%. Dan risiko kematian akibat serangan jantung juga menurun hingga 15%.

Dalam studi tersebut, peneliti mengamati kesehatan jantung dari 3,4 juga orang dewasa yang berusia 40 sampai 80 tahun di Swedia. Penelitia tidak mengamati orang-orang yang berusia muda, hal ini dikarenakan mereka memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Peneliti membandingkan data pepilasi dengan catatan kepemilikan anjing selama periode 12 tahun. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjuuakn bahwa pemilik anjing memiliki penyakit jantung yang lebih rendah, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri.

Mweya Mubanga dari Departemen Ilmu Kesehatan Uppsala University di Swedia menyebutkan jika seekor anjing mungkin bisa dianggap sebagai anggota keluarga penting rumah tangga tunggal.

Bahkan, beberapa jenis anjing tertentu, seperti terrier, retriever, dan scent hounds bisa mengurangi risiko penyakit jantung lebih rendah lagi. Selain terhindar dari penyakit jantung, memiliki anjing peliharaan juga bisa mengubah jenis bakteri pada seseorang yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

Baca juga :

Obat Gejala Kelainan Katup Jantung Bocor
Perbedaan Serangan Jantung dan Gagal Jantung
Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung