penyakit gigi ternyata bisa menyerang kesehatan jantungSakit gigi memang merupakan masalah kesehatan yang sering dialami, baik oleh anak-anak ataupun dewasa. Namun, jangan pernah menganggap sepele sakit gigi. Karena sakit gigi bisa memicu penyakit lain, seperti penyakit jantung dan stroke.

Menurut penelitian terbaru yang tercantum pada jurnal internasional kedokteran gigi pada bulan september 2012 lalu, disebutkan ada hubungan antara peradangan jaringan pendukung gigi (periodontitis) dengan penyakit jantung. Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada pasien yang menderita periodontitis, ternyata juga memiliki mediator radang yang ada pada penyakit jantung.

Penelitian lainnya yang disampaikan pada Forum Ilmiah Periodontist Eropa di Australia pada bulan Juni 2012 lalu, menyimpulkan bahwa bakteri Porphyromonas gingivalis yang terdapat pada kondisi periodontitis dapat merangsang produksi sitokin. Sitokin ini tidak hanya berperan dalam terjadinya periodontitis, namun juga menimbulkan penyumbatan pembuluh darah yang berpengaruh ke jantung.

Jurnal lain menyebutkan bahwa pasien dengan gigi berlubang, penyakit gusi, penyakit jaringan pendukung gigi, serta memiliki sisa akar yang belum dicabut, dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga : Obat Jantung Bocor Anak

Mekanisme singaktnya, bagaimana penyakit gigi dan gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke adalah sebagai berikut :

Ketika gusi mengalami suatu peradangan, maka bakteri gram negatif mengeluarkan endotoksin (Lipopolisakarida). Endoktoksin tersebut akan melewati sirkulasi darah selama kita melakukan aktivitas normal pada rongga mulut, seperti mengunyah, sikat gigi, dan sebagainya. Hal ini dapat mempercepat timbulnya dampak negatif pada jantung dan pembuluh darah. Selanjutnya bakteri tersebut akan menimbulkan agregasi platelet yang berkontribusi terhadap pembentukan thrombus dan thromboembolism yang merupakan penyebab utama stroke.

Maka dari itu, menjaga kesehatan rongga mulut sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyikat gigi setelah sarapan pagi, setelah makan siang, dan sebelum tidur dengan teknik serta sikat gigi yang tepat pula. Jika diperlukan, benang gigi juga bisa digunakan. Selain itu, membersihkan karang gigi secara rutin juga salah satu kunci untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Segala lubang gigi yang ada harus ditambal dansisa akar gigi yang masih ada harus dicabut.

Dengan perawatan gigi dan gusi yang tepat, maka kesehatan rongga mulut dapat terjaga dengan baik. Dengan begitu, kesehatan organ penting lainnya juga akan dapat terjaga pula, termasuk dengan kesehatan jantung.