obatjantungbocoranak.com,- Pola hidup sehat memang menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit jantung. Namun, selain itu, siapa yang menyangka bahwa penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid.

Hati-hati, Penyakit Jantung Juga Bisa Disebabkan Oleh Gangguan Tiroid

Penyakit Jantung Juga Bisa Disebabkan Oleh Gangguan Tiroid

Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar ini terletak di bawah jakun yang memiliki tugas untuk mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh. Kinerja kelenjar tiroid sendiri dikendalikan oleh otak. Ketika mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

Namun, apakah Anda mengetahui bahwa gangguan tiroid juga bisa menyebabkan penyakit jantung ?

Menurut dr. Dyah Purnamasari, SpPD-KEMD, menyebutkan bahwa kondisi ini dialami oleh mereka yang mengalami hipertiroid yang tidak ditangani dengan baik. Sedangkan pada hipotiroid karena tidak terdeteksi sehingga bermanisfes menjadi penyakit jantung.

Pasien dengan jantung tiroid biasanya mengunjungi dokter dengan kondisi takikardi, jantung berdebar-debar, sampai gagal jantung. Kondisi tersebut membuat sulitnya untuk mendeteksi apakah penyakit jantung ini akibat dari penimbunan lemak di jantung atau gangguan pada tiroid.

Jika pasien datang telah mengalami gagal jantung, namun denyut nadi dan kinerja jantung lemah, maka akan sulit untuk mengatasi denyut jantungnya. Sehingga kita harus menggunakan alat bantu pacemaker, padahal cukup dengan mengoreksi hormon tiroidnya saja.

Ketika mengalami masalah pada jantung, para dokter akan melakukan screening pemeriksaan dini, terlebih pada pasien yang mengalami takikardi tau aritmia. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi gangguan pada tiroid atau tidak.

Jangan Lewatkan : Penyakit Jantung dan Cara Pengobatannya