penyakit jantung pada perempuan dan anak

obatjantungbocoranak.com,- Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 didunia. Tercatat tidak kurang dari 3,86 juta kasus kematian pertahun disebabkan oleh penyakit jantung. Sayangnya, tingkat pemahaman orang terhadap penyakitjantung masih dipenuhi oleh mitos. Salah satunya adalah kepercayaan yang menyebutkan bahwa penyakit jantung hanya terjadi pada laki-laki dan orang tua.

Namun, pada faktanya penyakit jantung ini dapat terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Maka dari itu, pada perempuandan anak-anka juga penyakit jantung ini bisa terjadi.

Penyakit Jantung Pada Perempuan

1 dari 3 orang perempuan meninggal setiap tahunnya akibat dari penyakit jantung. Biasanya penyakit jantung pada perempuan umumnya ditemukan pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan pria. Salah satu faktor terjadinya penyakit jantung pada perempuan selain karena terjadinya penurunan hormon estrogen, juga karena kurangnya pengetahuan kaum perempuan akan bahaya dari penyakit jantung yang umumnya membuat mereka tidak menyadari gejala penyakit tersebut, sehingga menyebbakan keterlambatan dalam mendiagnosa.

Sebaiknya Anda lebih rajin untuk mengukur tekanan darah, mengetahui kadar gula darah dan kolesterol. Pastikan tekanan darah terkontrol di bawah 120/80 mmHg, kadar kolesterol total kurang dari 175 mg/dL, kolesterol LDLD kurang dari 100 mg/dL, dan kadar gula darah puasa kurang dari 100 mg/dL.

Maka dari itu, sangat penting bagi perempuan untuk mengetahui gejala dari penyakit jantung yang tentunya berbeda dari gejala yang timbul pada pria. Pada perempuan, gejala penyakit jantung yang sering timbul diantaranya seperti nyeri ulu hati, nyeri pada punggung atau leher, sesak napas, cepat merasa capek, serta gangguan irama jantung. Gejala-gejala ini lah yang sering tidak disadari oleh kebanyakan perempuan, sehingga seringkali menyebabkanketerlambatan dalam mencari pertolongan ketika terjadi serangan jantung.

Penyakit Jantung pada Anak-Anak

Penyakit jantung pada anak-anak biasanya bersifat bawaan. Artinya, penyakit jantung berkembang sejal bayi belum dilahirkan. Tercatat, 1 juta bayi di dunia lahir dengan penyakit jantung bawaan. Didunia diperkirakan 1 dari 10 anak sekolah memiliki berat badan berlebih. Faktor ini juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung pada anak-anak.

Sebagian besar penyakit jantung dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Makanan dengan Pola Jantung Sehat

Hindari untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh, gula serta garam secara berlebihan. Karena hal tersebut bisa memicu timbulnya penyakit jantung. Perbanyaklah mengonsumsi makanan dengan diet seimbang, seperti sayur dan buah.

  • Aktivitas Fisik

Selama ini banyak orang yang hanya mengartikan aktivitas fisik sebagai olahraga, padahal banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan, seperti melakukan permainan outdor bersama anak, melakukan pekerjaan rumah tangga, bersepeda ke kantor atau sekolah, dan sebagainya.

  • Hindari Rokok

Sekitar 10% penyakit jantung disebabkan oleh rokok. Bukan hanya menghindari untuk menajdi perokok aktif, namun juga sebagai perokok pasif. Berdasarkan data, lebih dari 6 juta bukan termasuk perokok. termasuk anak-anka meninggal setiap tahunnya karena menjadi perokok pasif. Sayangnya, saat ini setengah dari jumlah ank-aank di dunia secar arutin menghirup udara yang terpapar oleh asap rokok. Orangtua harus bertanggungjawab untuk menciptakan rumah mereka sebagai rumah yang bersih dari asap rokok. Sehingga, anak terhindari dari berbagai risiko dari asap rokok.