Penyakit Jantung Rentan Dialami Wanita Penderita Migrain

Bagi wanita yang sering mengalami migrain, jangan disepelakan. Karena, menurut sebut studi menyebutkan bahwa penyakit jantung rentan dialami oleh wanita penderita migrain dibandingkan dengan wanita yang tidak mengidap penyakit kepala tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memiliki penyakit migrain berisiko lebih besar mengalami serangan jantung dan angina (nyeri dada), dan perlu menjalani beberapa prosedur jantung daripada dengan wanita yang tidak mengalami sakit kepala parah tesebut. Tidak hanya memicu penyakit jantung, wanita denganmigrain juga berisiko mengalami kematian yang terkait dengan gangguan jantung.

“Studi ini menyediakan bukti kuat bahwa migrain pada kaum hawa berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskuler,” kata Dr Rebecca Burch, instruktur di Departemen Neurology Harvard Medical School, Boston, Amerika Serikat.

Walaupun begitu, masih ada beberapa faktor risiko penyakit jantung lainnya yang lebih besar, seperti merokok, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Baca Juga : Kebaikan Puasa Bagi Kesehatan Jantung

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkanbahwa penderita migrain pada wanita juga lebih berisiko tinggi menderita stroke. Kondisi ini juga bisanya diiringi dengan gejala seperti pusing atau suara berdenging di telinga.

Para peneliti punmenduga jika migrain bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung karena kedua kondisi ini memiliki mekanisme yang sama. Untuk memperkecil risiko tersebut, peneliti punmenyarankan agar memulai gaya hidup sehat. Mulai dari pengendalian tekanan darah, kolesterol, dan bergeran lebih aktif.

Sementara itu, Burch menganjurkan wanita dengan migrain parah untuk menghindari pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya, seperi rokok, makanan pemicu hipertensi, serta kolesterol tinggi.