Mungkin banyak orang yang mengetahui bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit jantung pada dasarnya disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti atau bisa juga disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Biasanya hal yang menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, merokok, dan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi.

Tidak hanya pada orang dewasa, penakit jantung juga bisa terjadi pada usia muda, bahkan anak-anak juga memiliki risiko mengalami penyakit jantung.

penyebab dan gejala penyakit jantung pada usia muda

Pada usia muda, kematian jantung mendadak atau sudden cardiac death (SCD) bisa terjadi, namun sebenarnya mereka yang memliki risiko dapat melakukan pencegahan dengan mengetahui faktor risiko, penyebab, dan melakukan perawatan.

Kematian mendadak pada orang dewasa yang berusia dibawah 35 tahun sering kali disebabakna karena adanya cacat jantung tersembunyi atau kelainan jantung yang diabaikan. Kematian mendadak ini lebih sering terjadi ketika sedangmelakukan aktivitas fisik, seperti ketika berolahraga.

Penyebab kematian jantung mendadak pada usia muda sangat bervariasi, sekitar 2/3 diantaranya disebabakn karena kelainan jantung. Ada banyak alasan yang menyebabakn jantung berdetak di luar kendali. Irama jantung yang abnormal ini disebut dengan fibrilas vertikel.

Penyebab Kematian Jantung pada Usia Muda

Berikut ini adalah beberapa penyebab spesifik kematian jantung mendadak pada usia muda :

Hypertrophic Cardiomyopathy (HCM)

Ini merupakan penyakit dimana muncul penebalan abnormal otot jantung (miokardium), sehingga sulit bagi jantung untuk memompa darah. Walaupun biasanya tidak berakibat fatal pada kebanyakan orang, namun hal ini menjadi penyebab yang paling umum kematian mendadak yang berkaitan dengan jantung pada orang yang berusia dibawah 30 tahun. Ini juga umum menjadi penyebab kematian jantung mendadak pada atlet. HCM memang seringkali tidak terdeteksi.

Kelainan Arteri Koroner

Ini merupakan kelainan bawaan, dimana seseorang dilahirkan dengan arteri jantung (arteri koroner) yang tidak normal. Kondisi ini dapat mengganggu aliran darah menuju ke jantung.

Long QT Syndrom

Ini adalah kondisi peradangan jantung yang disebut miokarditis akut, dimana adanya gangguan irama jantung bawaan yang dapat menyebabkan detak jantung kacau. Detak jantung kacau ini disebabkan oleh adanya perubahan bagian dalam jantung yang menyebabakn jantung berdetak dan membuat pingsan, bahkan mengancam jiwa.

Penyebab lainnya adalah radang otot jantung yang bisa disebabkan oleh virus dan penyakit lain. Dalam beberapa kasus, irama jantung mungkin sangat tidak menentu, sehingga menyebabkan kematian jantung mendadak. orang-orang dengan long QT syndrom memiliki risiko kematian mendadak yang lebih tinggi

Gejala Kematian Jantung Mendadak pada Usia Muda

Terdapat banyak kematian yang disebabkan oleh halini terjadi tanpa adanya peringatan. Namun ada beberapa gejala yang bis adiperhatikan, diantaranya :

Pingsan Tanpa Sebab

Pingsan secara tiba-tiba tanpa sebab saat sedang melakukan aktivitas fisik bisa menjadi tanda adanya masalah dengan jantung.

Ada Riwayar Keluarga Kematian Jantung Mendadak

Tanda lain yang harus diperhatikan adalah jika anggota keluarga meninggal mendadak sebelum usia 50 tahun. Ini memang bukan gejal fisik, tetapi pentinguntuk diperhatikan. Akah lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi pada dokter untuk melakukan skrining.

Sesak Napas atau Nyeri Dada

Sesak napas atau nyeri dada juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki risiko mengalami kematian jantung mendadak, namun bukan tidak mungkin ini merupakan gejala dari penyakit lainnya, seperti asma.