Ternyata Ini Alasan Kenapa Jantung Kebal Terhadap Kanker,- Sebagian besar dari kita mungkin telah mengetahui bagaimana berbahayanya penyakit kanker. Sebagian besar kanker menyebabkan kematian dan merupakan salah satu penyebab utama dari kematian di negara berkembang.

Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis didekatnya, serta bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik (metastasis).

Kanker dapat timbul dihampir seluruh bagian tubuh, mulai dari paru, hati, tulang, getah bening, hingga ke otak. Namun, apakah Anda pernah menengar kasus seseorang menderita kanker jantung ? Kemungkinan besar tidak. Karena memang ada alasan kenapa jantung kebal terhadap kanker.

dr Jacqueline Barrientos dari Hofstra Northwell School of Medicine menjelaskan bawha jantung sebenarnya tetap bisa terkena tumor, yang disebut dengan rhabdomyosarcoma. Namun, kasusnya sangat jarang dengan studi melihat angka prevalensinya kurang dari 0,1 diantara seluruh kejadian kanker primer. Sebagian besar dari mereka yang terkena tumor jantung selnya datang dari tempat lain dalam kata lain kanker sekunder.

Jadi, menurut dr Mitchell Gaynor dari Weill Cornell Medical College, ternyata alasan kenapa jantung kebal terhadap kanker ini disebabkan karena sifat jantung yang terdiir dari otot dan memiliki lapisan pelindung khusus.

dr Mitchell menyebutkan bahwa sel kanker sendiri awal mulanya bisa terbentuk ketika terjadi mutasi gen akibat pengaruh lingkungan. Adanya radikal bebas dan penumpukan toksin dalam tubuh termasuk hal yang dapat memicu mutasi tersebut. Toksin bisa ditemukan disemua tempat yang memiliki banyak lemak. Nah, pada jantung sendiri tidak terdapat banyak jaringan lemak.

Untuk bisa memompa darah setiap waktu, jantung lebih terdiri dari massa otot. Di jantung juga terdapat lapisan bernama pericardium yang memang bisa terkena kanker, namun pertumbuhannya terjadi di luar.

Sehingga, meskipun kanker bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi jantung bisa dibilang relatif kebal terhadap kanker karena sifat yang dimilikinya.