obatjantungbocoranak.com,- Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap indivdu dengan melakukan pola hidup sehat dan juga menghindari berbagai faktor yang dapat menimbulkan masalah pada jantung.

Tidak hanya itu, ketiak berusia 30 tahun ke atas, dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan jantung. Pemeriksaan bisa dilakukan setahun sekali, tapi jika memiliki hal khusus maka bisa dimajukan menjadi 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

Namun, berikut ini beberpa jenis tes kesehatan untuk mendeteksi gangguan pada jantung yang akurat yang bisa Anda lakukan :

Elektrokardiogram (EKG)

Ini termasuk dalam pemeriksaan standar untuk mengukur aktivitas elektrolit otot jantung. Pemeriksaan EKG berlangsung cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Para ahli menganggap EKG merupakan cara yang efektif untuk menilai kondisi jantung. Bagi mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung perlu melakukan tes ini paling tidak setahun sekali.

Tes CRP

Salah satu jenis tes darah untuk mendeteksi kelainan jantung adalah protein c-reaktif (CRP). Kadar CRP akan meningkat seiring dengan adanya peradangan di tubuh. Meskipun peradangan tidak mengakibatkan penyakit jantung secara langsung, namun tes CRP bisa mengindikasikan apakah seseorang perlu mengonsumsi obat pencegahan sakit jantung.

Tes darah Troponin T

Tes darah yang memiliki sensitivitas tinggi dalam mengukur kadar protein adalah troponin T. Zat kimia ini akan dilepaskan ketika jantung menghadapi stres berat atau mulai rusak. Pada umumnya tes troponin hanya bisa melihat jumlah protein jika kadarnya banyak, misalnya aktivitas berat bagi jantung seperti lari maraton atau serangan jantung. namun, pada versi tes yang baru kadar troponin yang rendah pun bisa dideteksi. Namun, tes darah ini belum banyak digunakan karena efektivitasnya masih diuji.

Pemindaian kalsium

Jika dokter mencurigai Anda menderita penyakit jantung, biasanya ia akan meminta pemeriksaan lanjutan dengan pemindaian kalsium. Pemindaian CT dengan radiasi rendah ini bisa mengungkapkan jumlah kalsium yang terbentuk di pembuluh darah sehingga bisa dinilai seberapa parah penyempitannya.

Tes darah NT-proBNP

BNP atau brain natriuretic peptide adalah hormon yang dilepaskan otak dan jantung untuk merespon stres jantung dan pembuluh darah. Tes darah untuk mengukur kadar BNP ini disebut dengan tes NT-proBNP.

Kadar BNP yang tinggi merupakan peringatan berbahaya bahwa otot jantung mulai kaku dan tidak rileks seperti seharusnya. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik.

Artikel terkait :

Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Koroner
Tes Treadmil Bantu Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner
Obat Gangguan Irama Jantung
Obat Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung