obatjantungbocoranak.com,- Penyakit jantung koroner tidak selalu disertai dengan gejala yang menunjukkan bahwa seseorang mengiadp penyakit jantung, Terutama pada mereka yang jarang melakukan aktifitas fisik berat yang membuat beban jantung bertambah. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang bertanya mengenai bagaimana cara mendeteksi penyakit jantung koroner pada seseorang.

Terdapat salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mendeteksi penyakit jantung koroner sejak dini, yaitu dengan tes treadmill. Apa itu tes treadmill ?

Tes treadmill merupakan salah satu uji latihan jantung (cardiac stress test), yaitu sebuah tes untuk mengetahui respon jantung terhadap latihan. Terdapat dua cara yang dikenal sebagai uji latihan jantung, yaitu dengan treadmill atau dengan speda ergometri.

Tes ini merupakan pilihan pertama pada pasien dengan risiko penyakit jantung koroner seperti memiliki riwayat merokok, riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes mellitus, dan memiliki riwayat kadar kolesterol yang tinggi.

Menurut American Heart Association,tes ini memiliki sensitifitas (kemampuan alat tes mengidentifikasi positif orang yang memiliki penyakit) sebesar 73-90% dan spesifisitas (kemampuan alat tes untuk mengidentifikasi negatif orang yang tidak memiliki penyakit) sebesar 50-74%.

Tes ini sangat membantu dokter untuk menentukan apakah seseorang menderita penyakit jantung koroner atau memperkirakan beban jantung maksimal, sehingga sangat bermanfaat karena bisa dilakukan evaluasi sejak awal dan bisa dilakukan terapi sedini mungkin, dan diharapkan bisa menurunkan komplikasi dan meningkatkan harapan hidup bagi para penderita penyakit jantung koroner.

Persiapan Sebelum Pelaksaan Tes Treadmill

Sebaiknya Anda tidak melakukan tes ini dalam kondisi perut kosong dan setelah makan. Sebaiknya beri jarak sekitar 2 atau 3 jam setelah makan. Pada hari dilakukan tes, hendaknya dalam kondisi yang bugar, tidak merokok, minum kopi, atau alkohol. Jangan mengonsumsi obat-obatan yang sedang dikonsumsi, kecuali ada petunjuk dari dokter. Umumnya setiap rumah sakit menyediakan baju khusus dan sepatu untuk melakukan tes treadmill. Jika Anda ingin membawa pakaian sendiri, gunakanlah pakaian yang longgar dan sepatu olahraga.

Pelaksanaan Tes Treadmill

Pada saat pelaksanaan, dada dan perut akan ditempeli elektroda dan lengan akan dipasangi alat pengukur tekanan darah. Tes dilakukan dengan berjalan di atas treadmill dengan kecepatan yang meningkat secara bertahap sementara elektrokardiogram merekam reaksi jantung terhadap beban yang semakin meningkat.

Selama pelaksanaan tes, akan dilakukan monitor rekam jantung, tekanan darah, pernafasan, denyut jantung, dan keluhan yang dirasakan selama pelaksanaan tes.

Sebelum pelaksanaan tes, terlebih dahulu akan dilakukan pencatatan riwayat penyakit pasien dan kemampuan aktifitas fisik, serta akan dilakukan pemeriksaan awal dalam kondisi istirahat. Pemeriksaan ini dilakukan untukmengetahui apakah pasien memiliki gejala yang menjadi kontraindikasi mutlak ataupun relatif dari tes ini.

Mengetahui lebih dini apakah kita menderita penyakit jantung koroner lebih baik daripada terlambat mengetahui. Tes ini mudah dilakukan, tidak invasif, dan memiliki keakuratan yang bagus.

Artikel Terkait :

Makanan Kaya Serat Bantu Cegah Penyakit Jantung Koroner
Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner
Obat Tradisional Jantung Koroner