Tidur Siang yang Terlalu Lama Bisa Berdampak pada Jantung

Tidur siang adalah hal yang penting dan merupakan keperluan bagia setiap orang. Bagi anak-anak, tidur siang dapat membantu tumbuh kembang optimal, sedangkan unruk orang dewasa bisa mejaga stamina dan kesegaran pikiran.

Walaupun demikian, meskipun tidur siang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama ketika kekurangan tidur pada malam harinya, ternyata tidur siang juga dapat berdampak buruk atau berbahaya salah satunya bagi jantung jika dilakukan secara berlebihan atau tidur siang dalam waktu yang terlalu lama.

Baca Juga : Obat Jantung Bocor Anak

Peneliti menemukan, tidur siang yang panjang dan rasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari terkait dengan peningkatakn risiko kumpulan masalah yang disebut dengan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik ditandai dengan kombinasi dari tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi, serta lemak berlebih disekitar pinggang. Orang yang memiliki gangguan sindrom metabolik sangat rentan mengalami penyakit jantung dan juga diabaetes.

Dalam sebuah analisis dari hasil 21 penelitian yang melibatkan sekitar 307.000 orang, diketahui bahwa mereka yang tidur siang kurang dari 40 menit tidak mengalami peningkatakn risiko sindrom metabolik. Sebaliknya, mereka yang tidur siang lebih dari 40 menit, bahkan sekitar 90 menit memiliki risiko mengalami sindrom metabolik naik hingga 50%. Waktu tidur siang yang panjang kemungkinan besar dipicu oleh rasa kantung berlebihan pada siang hari ataupun kelelahan.

Hasil penelitian yang akan dipresentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology ini memang hanya menemukan kaitan antara durasi tidur siang dan sinrom metabolik, bukan hubungan sebab akibat.

“Tidur sangat penting dalam gaya hidup sehat. Tidur siang yang singkat akan bermanfaat positif bagi kesehatan,” kata Tomohide Yamada, ahli diabetes dari Universitas Tokyo yang melakukan penelitian ini.