Tips Kembali Bekerja Setelah Mengalami Serangan Jantung,- Bagi siapapun yang pernah mengalami serangan jantung, mungkin akan merasa khawatir dan takut untuk beraktivitas lagi. Terlebih lagi jika serangan jantung tersebut terjadi di usia muda.

Umumnya seseorang yang pernah mengalami serangan jantung menjadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah atau rumah sakit. Namun, itusemua tergangung pada rutinitas normal dan kondisi jantungnya.

Jika Anda termasuk salah satunya, maka sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter menganai kapan Anda bisa kembali aktif beraktivitas dan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Anda juga disarankan jangan asal melakukan olahraga apapun tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

Selain itu, penting juga untuk mendaftar program rehabilitasi jantung, yang mana hal ini dapat memonitor tekanan darah, denyut jantung, dan detak jantung Anda saat berolahraga. Agar serangan jantung tidak kambuh lagi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Hal ini dikenal sebagai ‘pencegahan sekunder’. Anda juga harus terlebih dahulu memastikan jenis penyakit jantung apa yang dialami, kemudian cari tahu risikonya.

Nah, agar Anda bisa kembali melakukan aktivitas dengan lancar, berikut ini merupakan tips kembali bekerja setelah mengalami serangan jantung yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Olahraga

Jika dokter memperbolehkan Anda untuk berolahraga, maka Anda bsa melakukan olahraga kardio ringan untuk membuat jantung lebih kuat. Misalnya berjalan kaki, joging, berlari, bersepeda, dan berenang. Olahraga tersebut bisa membantu jantung memompa darah dan mengantarkan oksigen ke tubuh.

Disamping itu, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan mengurangi stres. Olahraga yang dilakukan secara teratur dan diet sehat dapat membantu menurukan berat badan yang juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung. Kehilangan 10% berat badan dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung kambuh kembali.

  • Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan tak sehat yang menjadi penyebab utama orang terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena merokok bisa merusak dinding pembuluh darah dan mencegah darah serta oksigen mencapai jantung. Untuk mencegah serangan jantung kambuh kembali, alangkah baiknya Anda berhenti merokok dan usahakan untuk menghindari asap rokok di sekitar Anda.

  • Kendalikan stres

Serangan jantung bisa dipicu oleh hal-hal yang menjengkelkan dan mengagetkan Anda. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda minta saran dari sokter tentang bagaimana cara mengatasi dan mengontrol emosi Anda. Depresi dan stres bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Selalu kontrol tekanan darah Anda

Tekanan darah tinggi dapat memberikan tekanan pada jantung dan pembuluh darah. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengikuti diet rendah garam, dan menurunkan berat badan jika Anda memiliki berat badan berlebih.

  • Diet dan konsumsi makanan sehat

Makanan yang dikonsumsi pastinya bisa memberikan pengaruh terhadap aliran darah. Jika Anda suka mengonsumsi makanan berlemak, maka hal tersebut bisa menimbulkan tumpukan plak pada arteri. Plak yang menempel ini bisa memperlambat aliran darah ke jantung. Tidak dipungkiri jika sewaktu-waktu serangan jantung bisa kembali terjadi.

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk mulai beraktivitas setelah kondisi Anda kembali pulih. Dengan melakukan beberapa tips kembali bekerja setelah mengalami serangan jantung yang telah disebutkan diatas, maka dapat membantu mencegah serangan jantung kambuh kembali. Semoga membantu.

Baca juga :

Sindrom Brugada Bisa Sebabkan Serangan Jantung
Manfaat Omega-3 untuk Cegah Serangan Jantung
Hal Sepele yang Bisa Memicu Serangan Jantung