obatjantungbocoranak.com,- Padatnya aktivitas, pekerjaan yang harus segera diselesaikan, atau kegiatan menonton pertandingan sepak bola yang kini tengah ramai digelar di Benua Eropa tidak jarang membuat banyak orang terpaksa harus begadang dan mengurangi waktu istirahatnya. Padahal, begadang dapat menyebabkan kelelahan dan kurangnya konsentrasi. Bahkan, Anda juga harus waspada, begadang tingkatkan jantung berdebar yang tentunya sangat merugikan.

Waspada, Begadang Tingkatkan Risiko Jantung Berdebar

Waspada, Begadang Tingkatkan Risiko Jantung Berdebar

Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. karena dengan tidur, seluruh organ tubuh akan beristirahat dan melakukan regeneasi sehingga keesokan harinya tubuh akan mkembali segar dan siap melakukan aktivitas secara normal. Pola tidur yang baik, minimal dilakukan selama 6-8 jam perhari.

Namun, tidak sedikit pula orang yang terpaksa begadang dikarenakan beberapa hal, baik itu adanya pekerjaan ataupun karena sulit tidur. Tentu saja begadang dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh dan juga mengganggu rutinitas Anda pada esok hari. Rasa kantuk akibat kurang tidur dapat menimbulkan berbagai masalah dan mengganggu ativitas, seperti kurang fokus dan tidak konsentrasi dalam beraktivitas, hingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan saat berkendara. Tidak hanya itu, begadang juga dapat mentyebabkan beberapa masalah pada kesehatan jantung dan pembuluh darah, seperti salah satunya adalah janutung berdebar.

Jantung berdebar atau takikardia merupakan denyut jantung yang lebih cepat daripada noraml. pada orang normal, dalam kondisi istirahat jantug berdenyut berkisar antara 60-100 kali permenit. Secara fisiologis, denyut jantung yangmeningkat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan organ yang membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Kondisi jantung yang berdebar ini biasanya terjadi pada beberapa kondisi, seperti dehidrasi, aktivitas fisik meningkat, kurang tidur, dan beberapa penyakit gangguan jantung dan hipertensi.

Baca Juga : Penyakit Jantung Rentan Dialami Wanita Penderita Migrain

Penyebab Jantung Berdebar Setelah Begadang yang Harus Diwaspadai

Pada orang yang kekurangan waktu tidur, waktu istirahat seluruh organ juga akan bekurang. Hal ini dapat menyebabkan organ menjadi kelelahan, misalnya otak. Otak merupakan oragan yang sangat penting dalam membantu kita untuk melaksanakan berbagai aktivitas sehari-hari. Otak mengendalikan seluruh kerja bagian tubuh. Dalam kondisi  normal, otak merupakan organ terbesar yang menggunakan persediaan oksigen, yaitu sekitar 20% jumlah oksigen tubuh digunakan untuk memenuhi kebutuhan otak.

Setelah begadang, otak akan memerlukan oksigen yang lebih banyak untuk bisa bekerja dengan normal. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya. Organ-organ akan memberi sinyal kelelahan karena membutuhkan oksigen yang lebih untuk bekerja. Dengan begitu, jantung akan memompa darah lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan oksigen seluruh bagian tubuh. Hal ini dapat menyebabkan denyut jantung meningkat dan menyebabkan penderitanya mengalami rasa tidak nyaman, seperti dada berdebar.

Dengan adanya informasi begadang tingkatkan risiko jantung berdebar tersebut, maka alangkah baiknya jika kita lebih bijak dalam mengatur pola tidur. Anda bisa mulai untuk membuat jadwal tidur tetap untuk menjaga pola tidur tetap baik. Selain untuk kepentingan pekerjaan ataupun akibat harus melakukan aktivitas yang penting, sebaiknya anda hindari kebiasaan begadang. Tidur yang berkualitas akan membantu Anda tetap sehat, mampu beraktivitas secaramaksimal, optimal, dan mampu meraih berbagai prestasi.

Jangan Lewatkan : Obat Jantung Bocor Anak Herbal