Waspada! Punya Banyak Anak Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung,- Mungkin Anda sering mendengar istilah ‘bayak anak, banyak rezeki’. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternyata memiliki lebih dari 2 anak bisa membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung. Semakin banyak anak, maka beban finansial orangtua untuk memenuhi kebutuhan anaknya juga bertambah. Beban ini bisa menyebabkan stres berlebih pada orangtua sebagai pemberi nafkah. Selain itu, hamil berkali-kali juga bisa menyebabkan perubahan hormonal pada wanita.

Para peneliti di Inggris mengungkap ibu dengan banyak anak memiliki risiko lebih besar mengalami serangan jantung di masa depan sebanyak 40%. Penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Universitas Cambridge ini menunjukkan bahwa risiko tersebut akan semakin besar didapatkan oleh ibu dengan 5 anak atau lebih, di mana setiap ibu menambah anak, risikonya juga akan semakin meningkat secara berturut-turut.

Para peneliti menyebutkan jika kehamilan dan persalinan diyakini dapat memberikan tekanan yang signifikan pada jantung, dan ini merupakan tambahan dari stres dan tuntutan untuk membesarkan anak-anak, sehingga mereka hanya menyisakan sedikit waktu untuk memikirkan diri mereka sendiri.

Tak hanya itu, memiliki 5 anak atau lebih juga dihubungkan dengan 30% peningkatan risiko penyakit jantung, serta 25% peningkatan risiko stroke, dan 17% peningkatan risiko gagal jantung dibandingkan dengan ibu yang memiliki 1 atau 2 anak.

Para penulis berharap temuan tersebut akan membantu memberikan motivasi ekstra bagi orangtua yang memiliki banyak anak, untuk mengambil langkah ekstra agar dapat melindungi jantung mereka dengan cara lain, seperti diet dan olahraga.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu melindungi jantung. Namun, penelitian ini menemukan bahwa itu tidak sepenuhnya mengimbangir isiko yang didapatkan karena memiliki banyak anak.

Penelitian yang dipersentasikan di British Cardiovascular Society Conference di Manchester melihat tim mempelajari data lebih dari 8.000 perempuan kulit putih dan Afrika-Amerika dari Amerika Serikat yang berusia 45 sampai 64 tahun.

Penelitian ini juga melihat perempuan yang memiliki riwayat keguguran, memiliki risiko penyakit jantung 60% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki 1 atau 2 anak. Mereka mengatakan kondisi tersebut mungkin mencerminkan masalah kesehatan mendasar yang meningkatkan risiko keguguran, serta penyakit jantung dan gagal jantung.

Penelitian sebelumnya telah meyakinkan tentang hubungan antara kesehatan jantung dan jumlah anak yang dilahirkan seorang perempuan, dengan sedikit memeriksa beberapa hasil seperti penyakit jantung dan serangan jantung. Seperti yang dialami Jules Conjoice (48) dari Letterston di Pembrokeshire. Ia memiliki 4 anak dan mengalami serangan jantung pada Malam Tahun Baru 2016.

Dr Clare Oliver – Williams, yang memimpin penelitian di University of Cambridge mengatakan, tujuan penelitiannya bukan untuk menakut-nakuti perempuan. Tetapi untuk menarik perhatian mereka sedini mungkin, apakah mereka mungkin berisiko tinggi terkena serangan jantung atau tidak. Dan telah diketahui jika kehamilan dan persalinan memberikan tekanan yang luar biasa pada jantung, dan membesarkan anak-anak dapat sangat menegangkan juga.

Williams menambahkan bahwa jumlah anak-anak yang dimiliki seorang perempuan adalah tanda yang mudah dari peningkatan risiko. Ia juga berharap penelitian ini akan memberikan motivasi ekstra agar para ibu tetap sehat.